29.8 C
Bandar Lampung
Minggu 12 Juli, 2020 10:50 WIB
Beranda Yusdiyanto: Tak Ada Legitimasi Sekdaprov Rangkap Komut Bank Lampung
Array

Yusdiyanto: Tak Ada Legitimasi Sekdaprov Rangkap Komut Bank Lampung

Dr. Yusdiyanto, SH, MH mengatakan tak ada legitimasi Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto bisa rangkap jabatan sebagai komisaris utama (komut) Bank Lampung.

Fahrizal Darminto digadang-gadang menjadi komisaris utama Bank Lampung dengan alasan mewakili pemilik saham terbesar bank tersebut.

“Belum ada regulasi yang mengizinkan dan memperkenankan adanya rangkap jabatan,” ujar dosen HTN Universitas Lampung itu dalam “catatan hukumnya”, Kamis (27/2).

Alasan Yusdianto, hal itu juga melanggar etika penyelenggara negara dan kepatutan sebagai pejabat publik dalam hal ini sebagai sekretaris daerah provinsi.

“Tidak ada alasan untuk melegitimasi adanya rangkap jabatan sekdaprov merangkap pula sebagai komisaris utama Bank Lampung,” tandasnya.

Menurut dia, rangkap jabatan dapat mendorong dan menyebabkan pemanfaatan suatu jabatan untuk kepentingan jabatan lainnya.

Bila alasannya untuk pengawasan, katanya, bukankah dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perusahaan Terbatas telah gamblang yakni melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

Bila sekdaprov merangkap sebagai komisaris utama Bank Lampung, sudah pasti, katanya, akan menimbullkan konflik kepentingan.

Catatan hukum lengkap Yusdianto tentang pencalonan sekdaprov dalam dilihat di https://rmollampung.id/catatan-hukum-sekdaprov-rangkap-komut-bank-lampung/

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Polresta Ajak Pengunjung Mall Disiplin Protokol Kesehatan

Polresta Bandarlampung mengajak pengunjung mall disiplin terapkan protokoler kesehatan. Bersama para polwan Satlantas, Kapolresta Kombes Yan Budi menemui warga di Mall Bumi Kedaton (MBK), Sabtu...

Rekom Golkar Untuk Tony Di Lamsel Dan Adipati Di Waykanan Keluar Besok

 DPP Partai Golkar memanggil dua pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk menandatangani pakta integritas, di Kantor DPP...

Banner Dan Leaflet Maklumat Kapolri Terkait Covid-19 Dicopot

 Maklumat Kapolri No: MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, telah...

Subki E Harun Di Mata Zainal Abidin, Alzier, Hingga Sopirnya

Zainal Abidin Pagaralam, mantan gubernur kedua Lampung, sangat terkesan dengan Subki E Harun sejak masih kuliah jurusan ekonomi di Universitas Gajah Mada (UGM). Setahun jelang...
Translate ยป