23.8 C
Bandar Lampung
Minggu 31 Mei, 2020 05:06 WIB
Beranda KAMPUS Yayasan Universitas Saburai Digugat Ahli Warisnya

Yayasan Universitas Saburai Digugat Ahli Warisnya

Pewaris yang mendirikan Yayasan Pendidikan Saburai (YPS) menggugat pembina yayasan yang diduga telah memalsukan akte yayasan yang menaungi Universitas Saburai.

Hertanto Roestyono, putra dari pendiri YPS almarhum Sarwoko, SH, mewakili pendiri lainnya mengatakan pembina yayasan telah mengubah sepihak akte pendirian yayasan tahun 1977.

Tanpa sepengetahuan para ahli waris, kata Hertanto Roestyono, akte pendirinya berubah dari tujuh orang jadi tiga orang, yakni Subki E Harun, Haris Hasyim, dan Fauzi Saleh.

Padahal, kata dia, orangtuanya yang mendirikan dan menjadi ketua yayasan yang dicatat notaris Imran Makruf SH dalam Akte No.18 Tanggal 20 Desember 1977.

Dijelaskannya,  ketujuh pendiri tersebut sampai saat ini masih tercatat di Kantor Kementerian Hukum dan HAM dalam SK No. AHU-0000106. AH 01.05.

“Kami menilai  pembina YPS telah mengubah akta pendirian tanpa melibatkan para pendiri maupun ahli warisnya,” ujar Hertanto Roestyono.

Ketika mendirikan yayasan pendidikan tersebut, ayahnya sedang menjabat sebagai ketua PN Kelas I Tanjungkarang.

Sarwoko kemudian berpindah-pindah tugas sampai meninggal dunia tahun 1999.

Nama-nama pendiri YPS hilang sejak ada akte baru No. 1 Tahun 2002 dengan pembina: Subki E Harun, Haris Hasyim, dan Fauzi Saleh.

Mereka menganggap ini akte baru, tetapi di akte tersebut tetap disebutkan masih tetap mengacu pada akte pendirian pertama tahun 1977.

Dalam akte tahun 2002 tersebut, Subki E Harun sebagai ketua pembina.

Pendiri YPS tinggal dua orang lagi yang sudah berusia lanjut, yaitu Maryati Akuan dan Amir Husin.

Para ahli waris pendiri yayasan sudah mengajukan gugatan ke Polda Lampung dengan No. Laporan 1690/XI/2019/SPKT.

Selain mengadu ke Polda Lampung, para ahli waris dan pendiri YPS juga sudah mengadukan hal tersebut ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang.

Para ahli waris juga menilai para pembina yayasan yang ada sekarang dengan sengaja menghilangkan jejak sejarah berdirinya yayasan.

YPS berdiri pada tanggal 07 Februari 1984 yang ditampilkan di web site Saburai.

Para ahli waris juga sudah menunjuk kuasa hukum untuk membantu proses tersebut.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Kemelut Antara Para Pendiri Dan Pembina Yayasan Saburai Bergulir Ke Meja Hijau

Kemelut Yayasan Pendidikan Saburai (YPS) bergulir ke meja hijau. Salah seorang ahli waris pendiri YPS menggugat tiga pembina yayasan: Subki E Harun, Bambang Irawan,...

Habis Masa Jabatan, Darussalam Serahkan Kepengurusan Ikafah FH USBRJ

H. Darussalam, SH menyerahkan kepemimpinan Ikafah (Ikatan Alumni Fakultas Hukum) Universitas Sang Bumi Ruwa Jura (USBRJ) atau Universitas Saburai yang telah dijabatnya tiga tahun...
Translate »