Ilustrasi mesin ADM/Net

Warga Kota Bandarlampung yang belum punya E-KTP dengan alasan ribet mengurusnya, kini bisa lega. Sebabnya, mulai tahun depan warga bisa mencetak sendiri E-KTP, termasuk Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akte Kelahiran.

Pemkot Bandarlampung melalui Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil), segera merealisasikan pengadaan mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) untuk pelayanan kependudukan. Harga mesin ADM ini sendiri berkisar Rp 180 juta.

Diketahui, mesin ADM diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mempermudah dalam pelayanan kependudukan seperti pembuatan E-KTP dan KK.

Baca Juga: Warga Bisa Cetak Sendiri E-KTP dan KK, Begini Caranya

Kepala Disdukcapil Bandarlampung, A. Zainuddin, Kamis (12/12) mengatakan, mesin ADM tersebut nantinya memiliki sistem kerja seperti mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Hanya bedanya, ADM diperuntukkan untuk mencetak administrasi kependudukan, sedangkan sedangkan ATM kan untuk perbankan.

Zainuddin menjelaskan cara penggunaan ADM. Warga terlebih dahulu menghadap petugas untuk memberikan nomor telepon agar diberikan kode validasi seperti pin melalui SMS serta QR (Quick Respon) Code untuk melakukan proses registrasi di mesin ADM tersebut.

Setelah itu, KTP yang dibuat akan otomatis tercetak dan keluar dari mesin ADM tersebut tanpa harus menunggu lama.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here