23.8 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 07:14 WIB
Beranda EKONOMI Usaha "Mak Jelas", Audit Investigatif BUMD Lampung

Usaha “Mak Jelas”, Audit Investigatif BUMD Lampung

Mundurnya dua direksi BUMD Lampung Energi Berjaya, momentum untuk mengevaluasi semua BUMD milik Provinsi Lampung, terutama PT Wahana Raharja dan PT Lampung Jasa Utama.

Kedua BUMD ini tak jelas (mak jelas) kinerjanya. Padahal, sudah banyak APBD Lampung yang diberikan buat menggerakan kedua perusahaan milik Pemprov Lampung itu, ujar Nizwar Affandi.

Pengamat pembangunan Provinsi Lampung ini mengatakan pendapatnya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (22/7), terkait mundur dua direksi PT Lampung Energi Berjaya: Anshori Djausal dan Nuril Hakim Johansyah.

“Kita tak pernah mendengar kiprah maupun kontribusi BUMD milik Pemprov Lampung terhadap kesejahteraan masyarakat, pembangunan Lampung, maupun sumbangsihnya pada pendapatan daerah,” ujar aktivis dan politikus ini.

Menurut Nizwar Affan, perlu dilakukan audit investigatif BPK terhadap semua BUMD, bukan hanya terkait kondisi keuangan, keberadaan aset-asetnya, serta kinerja usahanya.

Tanpa dilakukannya hal itu, dia melihat sulit mengejar ketertinggalan kapasitas BUMD milik Pemprov Lampung dibandingkan dengan BUMD provinsi lainnya, apalagi BUMD-BUMD milik Pemprov DKI Jakarta.

“Saya malah sering mendengar beberapa informasi lemahnya perputaran usaha PT Wahana Raharja (WR) dan PT Lampung Jasa Utama (LJU),” kata alumni FISIP Unila itu.

“Selama ini, saya malah belum pernah mendengar ada kegiatan usaha PT LJU yang produktif dan mampu memberikan sumbangsih signifikan bagi pendapatan daerah,” katanya.

Di PT WR, kata dia, ada problem tunggakan tagihan perdagangan semen dan investasi pembelian mesin penggiling padi berkapasitas besar tanpa proses pelelangan kemudian dikerjasamakan dengan pabrik milik swasta yang juga tanpa proses due diligence yang baku.

“Infonya kerjasama itupun jauh dari harapan, hasilnya bahkan tidak mampu menutupi biaya penyusutan dari pembelian mesin,” ujar mantan pengurus DPD Partai Golkar Lampung itu.

 

 

 

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

DPRD Lampung: Perlu Evaluasi Kinerja BUMD Lampung

Anggota DPRD Lampung mengkritisi kinerja BUMD milik Provinsi Lampung: Wahana Raharja (WR) dan PT Lampung Jasa Utama (LJU). Sebelumnya, pengamat pembangunan, Nizwar Affandi mengatakan mundurnya...

Mengapa Gubernur Pusing?

BEBERAPA hari terakhir media online dan media sosial di Lampung kembali ramai oleh berita dan perbincangan tentang perilaku Gubernur Lampung terhadap jurnalis....

Lancang Kuning Menentang Badai (2)

Oleh Nizwar Affandi* BANYAK yang bertanya kepada penulis, apakah tulisan kemarin merupakan lanjutan dari serangkaian tulisan sebelumnya, jawabannya tentu saja bukan. Rangkaian tulisan sebelumnya membahas tentang...

Lancang Kuning Angkat Sauh, Pasang Mata Dan Telinga Agar Tak Karam (1)

Oleh Nizwar Affandi SEBAGAI salah satu dari tiga kelompok induk organisasi (kino) pendiri Sekretariat Bersama Golongan Karya 56 tahun yang lalu, Ormas MKGR Provinsi Lampung...
Translate »