23.9 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 04:16 WIB
Beranda KAMPUS Unila Komitmen Dukung Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Unila Komitmen Dukung Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

 Universitas Lampung (Unila) berkomitmen mendukung pengelolaan sampah berkelanjutan dengan adanya Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan TPST ini adalah hasil kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) di tahun 2019.

“Pengelolaan sampah di TPST harus mengedepankan prinsip berkelanjutan dan melibatkan semua pihak termasuk masyarakat umum dan tenaga kebersihan,” kata prof Karomani, saat Workshop Greenmetric Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Selasa (14/7).

Menurutnya, TPST ini akan mengedepankan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan konsep zero waste dengan mengubah sampah menjadi barang yang bernilai guna. TPST juga berfungsi untuk mereduksi volume sampah secara maksimal hingga hanya tersisa 7%.

“Unila telah menjadi pusat rekreasi masyarakat dimana fasilitas seperti embung dan taman menjelma sebagai spot favorit di akhir pekan. Tentunya, kita harus menjaga kebersihan dari semua fasilitas yang kita punya. Kedepannya, kita dapat memaksimalkan fungsi TPST untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis seperti kompos, biogas, dan bahan bakar,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Kerja Greenmetric Unila Hengky Mayaguezz mengatakan pengelolaan sampah ini diharapkan menjadi langkah awal untuk bersinergi dalam mengatasi permasalahan sampah di Unila.

“Kita harus mendukung segala kegiatan pengelolaan lingkungan terutama TPST untuk mendorong terciptanya kampus hijau dan lompatan penilaian peringkat di UI Greenmetric 2020,” ujarnya.

EDITOR : adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Penyembelihan Hewan Kurban Unila Di Belakang Rektorat

 Universitas Lampung (Unila) akan menyembelih 16 ekor sapi dan 1 ekor kambing pada Idul Adha 1441 Hijriah.

SDGs Village Unila Optimalkan Potensi Desa

 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Center Universitas Lampung bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),...

Unila Kembali Gelar Wisuda Online Dan Offline Hari Ini

 Universitas Lampung melaksanakan wisuda daring dan offline untuk wisudawan periode VI di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Rabu...

Puluhan Mahasiswa Unila Gelar Aksi Kawal Dialog UKT

 Puluhan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) menggelar aksi kawal dialog Uang Kuliah Tunggal (UKT) di masa pandemi Covid-19. Aksi...
Translate »