Nanang Trenggono/Net

Selain menunda pelaksanaan pengukuhan guru besar pada 18 Maret dan prosesi wisuda pada 21 Maret 2020 untuk pencegahan penyebaran virus corona, Unila mulai hari ini (16/3) memberlakukan kuliah daring atau secara online.

Kebijakan tersebut dimuat dalam surat edaran rektor Unila nomor 2023/UN26/TU/2020, Senin (16/3). Hal tersebut merupakan hasil rapat Rektor bersama Wakil Rektor dan Dekan tiap Fakultas pada Minggu sore, 15 Maret 2020.

Juru bicara Rektor Unila Nanang Trenggono dalam jumpa pers di Gedung Rektorat Unila menyampaikan kegiatan belajar tatap muka diganti perkuliahan dari sejak 16-28 Maret 2020.

“Untuk sementara kuliah tatap muka kita tiadakan sesuai surat edaran. Nanti kita evaluasi lagi sesuai kondisi,” jelasnya.

Mahasiswa akan melaksanakan perkuliahan melalui aplikasi virtual class (Vi-class) yang dikelola LP3M  bersama UPT TIK Unila.

“Kita memang sudah punya fasilitasi kuliah daring kita menyebutnya Vi-Class, hingga saat ini ada 500 dosen sudah dilatih untuk daring, siang ini sudah bisa diakses,” ujarnya.

Untuk kegiatan perkuliahan dalam bentuk praktikum tetap diselenggarakan dengan sebelumnya menjamin tempat-tempat praktikum telah melakukan upaya pencegahan.

Sedangkan, untuk pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diminta untuk menjadwalkan ulang atau mengganti dengan metode lain.

“Atau pimpinan fakultas juga bisa menjadwalkan ulang penyelenggaraan praktik dengan menyesuaikan perkembangan keadaan,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here