23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 7 Agustus, 2020 04:20 WIB
Beranda EKONOMI UMKM Protes Monopoli Kantin 17 Kapal BUMN Oleh Alfamart

UMKM Protes Monopoli Kantin 17 Kapal BUMN Oleh Alfamart

Asosiasi Pengusaha Perdagangan Umum dan Jasa Selat Sunda (APPJASS) protes atas monopoli kantin di 17 kapal penyeberangan Bakauheni-Merak milik BUMN ASDP oleh Alfamart.

Senin (27/7), wakil anggota APPJASS membentangkan spanduk penolakan tersebut lewat video. “Jangan ambil usaha kami, kami menolak monopoli kantin di kapal ASDP,” ujar salah seorang di antara mereka.

Kantin Alfamart di kapal fery Merak-Bakauheni/Foto Net

Ketua APPJASS Bakauheni Ivan Rizal mengatakan ada 17 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersingkir oleh perusahaan swasta yang sudah go publik tersebut.

Dia tak mempersoalkan pengelolaan kantin di kapal milik swasta. Tapi, inikan kapal milik pemerintah, harusnya UMKM yang diutamakan.

“Jangan berpikir, kami tidak bisa melayani penumpang seperti Alfamart, kami bisa,” katanya.

Ketua APPJASS Bakauheni Ivan Rizal
Ketua APPJASS Bakauheni Ivan Rizal/Foto Net

Menurut Ivan, anggotanya kini terpaksa turun kapal, nganggur. Ada tiga sampai lima kantin setiap kapal yang menyerap sekitar 200 pekerja pada UMKM.

Alfamart menguasainya kantin kapal milik pemerintah setelah memenangkan lelang dan tender yang diadakan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (persero) di Jakarta.

Menurut Ivan, Senin (27/7), seharusnya perusahaan pemerintah memberikan kesempatan lelang hanya melibatkan UMKM lokal saja, bukan perusahaan skala nasional.

APPJASS Bakauheni sudah dua kali mengirim surat bahkan menemui pejabat Kementerian BUMN terkait pengelolaan kantin kapal yang dilakukan Alfamart.

 

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Menko Airlangga Ungkap Strategi Pemerintah Dorong Pemulihan Ekonomi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah akan menempuh sejumlah strategi untuk mendorong ekonomi dapat tumbuh positif pada triwulan III dan IV. Seperti...

Ketua KPK: Jangan Kotori Pilkada Di Lampung Dengan Money Politic

 Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri menginginkan Pilkada di Lampung  tidak dikotori money politic.

148.887 TMS Masuk Daftar Pemilih, Terbanyak Bandarlampung

 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung menemukan 148.887 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) namun masuk daftar...

Ada Pencurian Kabel Gardu PLN, Alat Elektronik Ratusan Pelanggan Jebol

Berbagai peralatan elektronik jebol akibat kenaikan tegangan (voltage) di Kelurahan Gulak-Galik dan Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, Rabu dini hari (5/6). Di RT...
Translate »