28.7 C
Bandar Lampung
Selasa 7 Juli, 2020 17:04 WIB
Beranda Tunjuk Pejabat Muslim Pada Posisi Plt Dirjen Katolik, Kemenag Minta Maaf
Array

Tunjuk Pejabat Muslim Pada Posisi Plt Dirjen Katolik, Kemenag Minta Maaf

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nur Kholis Setiawan akhirnya meminta maaf atas kekeliruan penunjukkan pejabat dalam posisi Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik. Ia mengaku kurang cermat membaca aturan penunjukan Plt.

Akibat ketidakcermatannya itu ia kurang tepat memberikan masukan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Agama Fachrul Razi. “Saya mohon maaf atas semua kekhilafan tersebut,” kata Nur Kholis dalam keterangan tertulis, Selasa (11/2) dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Nur Kholis menjelaskan ia berpegangan pada aturan dari Kementerian Keuangan bahwa bahwa tidak boleh ada rangkap jabatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM). Karena itu ia menyarankan pada Menteri Agama agar Plt dijabat dirjen dari direktorat lain.

Nur Kholis menyatakan akan menunjuk Plt Dirjen Bimas Katolik yang baru hari ini, Selasa, yang sesuai dan berasal dari internal Direktorat Bimas Katolik. “Selasa, 11 Februari 2020, segera ada surat perintah baru untuk Plt Dirjen Bimas Katolik dan Plt Irjen dari internal unit kerja dengan merujuk kepada SE BKN Nomor 2/SEA/1/2019,” kata Nur Kholis.

Sebelumnya, penunjukkan jabatan Dirjen Bimas Katolik Kemenag mengejutkan berbagai pihak. Kemenag telah menunjuk pejabat beragama Islam sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik.

Berbagai kalangan pun mengkritisi hal tersebut merupakan diskriminasi terhadap hak beragama, terutama yang dialami pemeluk agama minoritas, beberapa waktu belakangan. Semua heran mengapa posisi Dirjen Bimas Katolik Kemenag dijabat orang yang beragam Islam.

EDITOR : adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bawaslu Telusuri RT Minta Fotokopi E-KTP Warga Bandarlampung

 Beredar surat permintaan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Elektronik (E-KTP) di Bandarlampung. Dalam potongan gambar yang tersebar, data...

Kadis P3A Lampung Pasang Badan Lindung NF Korban Kekerasan Seksual

 Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Lampung, Theresia Sormin, siap pasang badan untuk memberikan perlindungan...

Politisi Demokrat Desak Aparat Proses Hukum Oknum P2TP2A Lamtim Cabul

 Dugaan kekerasan seksual berupa pemerkosaan yang dilakukan oknum petugas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lampung...

Ketua Komnas Anak: Oknum P2TP2A Lamtim Predator Biadab Yang Menjijikkan

 Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait tidak menoleransi kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh...
Translate ┬╗