Polda Lampung menangkap seorang wanita yang menyebarkan kabar bohong lewat facebook ada warga yang terkena virus corona di Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

OVR (29), warga Sinar Jaya, Pugung, Kabupaten Tanggamus, dua kali memposting lewat akunnya hoaks ada warga yang terkena virus corona.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si didampingi dari Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus menjelaskan penangkapan terhadap penyebar berita hoaks virus corona/Foto Humas Polda Lampung

Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si mengatakan OVR unggah adanya corona itu pada tanggal 3 dan 4 Maret lalu.

Unggahan pertama (3/3): Awas di Kabupaten Pringsewu, Kecamatan Pagelaran, ada yang kena Corona, yang pulang dari Malaysia.

Unggahan kedua (4/3): Hati-hati corona sudah masuk Lampung.

Ada 4.999 netizen yang melihat kedua postingan hoaks adanya TKI yang terkena virus corona atau Covid 19 tersebut, ujar Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (12/3).

Patroli cyber yang dipimpin PS Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Kompol Rahmad Mardian mengecek kebenaran kabar tersebut dan mengamankan OVR dari kediamannya pada tanggal 5 Maret 2020.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si mewawancarai OVR/Foto Humas Polda Lampung

OVR mengaku dirinya panik karena maraknya pemberitaan tentang virus corona sehingga terinspirasi memosting status tersebut.

“Karena dugaannya panik, saya harap masyarakat bijak bersosial media, jangan langsung share dan unggah tanpa bukti yang jelas atau informasi yang akurat,” ujar Kabidhumas.

Pelaku dijerat dengan pasal 45 ayat (2) jo pasal 28 ayat 2, UU Nomor 19 tahun 2016, atas Perubahan UU Nomor 11 tahun 2008, tentang ITE dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

 

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here