Kasubag Tata Pemerintahan Pekon, Erza Gitta Sembiring/RMOLLampung

Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Kepala Pekon, di Pilkada serentak tahun 2020 di Tanggamus, resmi ditutup, Minggu (9/2).

Namun, hingga Kamis (13/2), baru 13 dari 20 kecamatan yang sudah menyerahkan berkas tahapan pendaftaran.

Menurut Kasubag Tata Pemerintahan Pekon, Erza Gitta Sembiring, peserta pendaftar yang paling banyak ada di Pekon Gunung Meraksa, Kecamatan Pulau Pangung, yaitu 14 pendaftar. Disusul 10 pendaftar di Pekon Antar Berak, Kecamatan Limau. Selebihnya enam dan tujuh pendaftar, tersebar di 29 pekon, di 13 kecamatan.

“Untuk pendaftar balon kepala pekon dari luar pekon dan luar kecamatan itu ada, sementara untuk keseluruhan pendaftar di 220 pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus, belum terekap semua, karena belum semua kecamatan menyerahkan berkas,” jelas Erza kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (13/2).

Untuk pendaftar yang lebih dari 5 orang, akan dilakukan seleksi, berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan usia.

Seleksi akan diadakan di Universitas Lampung (Unila) meliputi tes Computer Asistet Tes (CAT) 3-4 maret. Sementara untuk seleksi berkas 1-2 maret, di bagian tata pemerintahan pekon, Kabupaten Tanggamus. Seleksi berdasarkan pendidikan, CAT 70% wawancara 30 %.

Erza menambahkan, terdapat satu pekon yang belum ada pendaftar balon kepala pekon, yakni Pekon Sinar Saudara, Kecamatan Wonosobo.

Sampai saat ini mereka masih sebatas konsultasi. Menurutnya, ada masa perpanjangan 7 hari, seandainya belum juga ada yang mendaftar, maka Kepala Pekon tersebut akan dipimpin oleh Penjabat Sementara.

Ia berharap, agar dalam pelaksanaan pilkakon nanti, bisa berjalan lancar, aman dan kondusif.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here