23.2 C
Bandar Lampung
Selasa 14 Juli, 2020 06:11 WIB
Beranda POLITIK Tokoh Masyarakat Dorong Putra Daerah Maju Pilkada Pesawaran

Tokoh Masyarakat Dorong Putra Daerah Maju Pilkada Pesawaran

 Pilkada Kabupaten Pesawaran yang dijadwalkan Desember 2020, diharapkan banyak pihak menjadi panggung bagi para putra daerah.

Baik untuk merebut kursi nomor satu sebagai bupati ataupun nomor dua (wabup) di kabupaten pemekaran Lampung Selatan tahun 2007 silam tersebut.

Harapan itu salah satunya diungkapkan oleh Tokoh Masyarakat kabupaten setempat, Erland Syofandi gelar Suntan Penatih kepada Kantor Berita RMOLLampung, Sabtu (6/6).

Menurut dia, kehadiran putra daerah merupakan salah satu hal yang penting bagi kemajuan suatu daerah. Hal tersebut didasarkan kepada kemampuan dalam memahami kondisi sosial masyarakat yang ada dan juga rasa memiliki yang lebih tinggi terhadap daerahnya.

Penasehat PWI Kabupaten Pesawaran itu mengatakan, kehadiran sosok putra daerah sebagai pemimpin dapat menjadi stimulus bagi persatuan dan juga kekompakan dari suatu masyarakat.

Ia menegaskan, setidaknya ada tiga faktor penting yang dapat dijadikan urgensi hadirnya putra daerah dalam memimpin suatu wilayah.

“Paling tidak ada tiga faktor kenapa harus ada orang asli Pesawaran yang bisa jadi Bupati ataupun Wakil Bupati, yang pertama orang asli Pesawaran secara otomatis dia mempunyai pemahaman yang lebih bagus, jadi kemampuan dia untuk memahami seperti apa masyarakat dan apa yang kira-kira yang diinginkan oleh masyarakat,” tegas dia.

Yang kedua, Insya Allah orang asli Pesawaran akan dengan sepenuh hati membangun, memajukan dan juga membesarkan Kabupaten ini, sebab dia lahir dan dibesarkan di sini.

ÔÇ£Sehingga, otomatis rasa cinta terhadap daerah bisa lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang berasal dari luar daerah,” ujar dia.

Selain itu lanjut dia, hadirnya putra asli Pesawaran dapat menjadi sosok pemersatu bagi masyarakat adat yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama tersebut.

Di Pesawaran ada dua masyarakat adat besar yaitu masyarakat adat Pepadun dan masyarakat adat Saibatin, kedua kelompok adat ini harus mendapatkan perhatian secara khusus agar adat dan juga budaya asli Pesawaran dapat terjaga dan lestari dengan baik.

“Tak peduli mau siapapun yang memimpin, mau dia Pepadun ataupun Saibatin selama dia putra asli Pesawaran yang memiliki kemampuan serta niat baik untuk membangun Pesawaran ya itu yang harus kita dukung,” pungkas dia.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Dispertan Pesawaran Periksa Kesehatan Hewan Kurban

 Menjelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pesawaran melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga pengecekan ketersediaan hewan...

Tahun Ajaran Baru Di Pesawaran Dimulai 13 Juli Secara Daring

 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran, menyatakan Tahun Ajaran 2020-2021 akan dimulai pada Senin (13/7) besok secara...

Musda Golkar Pesawaran Digelar 17 Juli

 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Pesawaran menggelar rapat perdana, persiapan Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 untuk...

Pemkab Akan Mediasi Penutupan Akses Jalan Ke Sari Ringgung

Pemkab Pesawaran akan segera memediasi harapan warga dan para pedagang yang keberatan atas penutupan jalan menuju kawasan wisata Pantai Sari Ringgung. "Kami akan membantu masyarakat...
Translate »