28.7 C
Bandar Lampung
Selasa 7 Juli, 2020 16:46 WIB
Beranda Tiket Pesawat Melambung, Kemenhub Upayakan Harga Avtur Turun
Array

Tiket Pesawat Melambung, Kemenhub Upayakan Harga Avtur Turun

Semakin tingginya harga tarif pesawat membuat transportasi udara saat ini menjadi sepi peminat. Untuk mengatasi persoalan, Kementerian Perhubungan akan melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait mencari solusi dengan menurunkan harga avtur.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/11).

“Dalam waktu dekat ini kami ingin mengupayakan untuk memberikan solusi bagi harga tiket pesawat melalui satu harga avtur yang lebih baik. Kami akan rapatkan dengan Kementerian BUMN, Pertamina, dan stakeholder terkait untuk membahas soal avtur,” ujar Budi dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Dikatakan oleh Budi, harga tiket pesawat dalam industri penerbangan sangatlah bergantung pada harga avtur, di mana komponen tersebut menyumbang sekitar 40 persen dari struktur biaya operasional maskapai penerbangan.

Lebih lanjut, strategi yang akan dilakukan salah satunya adalah untuk mencari daerah-daerah yang memiliki harga avtur tidak terlalu tinggi. Misalnya, saat ini harga avtur di Jakarta dan Singapura memiliki perbedaan 25 persen, jika harga avtur dikurangi maka perbedaannya akan menjadi 15 atau 20 persen.

“Kemudian kita akan tentukan kira-kira di beberapa titik daerah yang kita tetapkan harga avturnya tidak terlalu tinggi. Daerah tersebut misalnya: Bali, Kupang, Makasar, Jayapura, Palembang yang menjadi sub-sub, sehingga pesawat dapat menggunakan avtur yang ada di titik-titik itu,” lanjutnya.

Akibat tingginya harga avtur yang memicu semakin rendahnya peminat penumpang pesawat, beberapa maskapai penerbangan ikut kewalahan karena tidak bisa menutupi biaya operasional. Bahkan ada maskapai penerbangan yang terpaksa tutup.

Oleh kalangan Komisi V DPR RI, hal ini yang kemudian menjadi persoalan karena mempengaruhi kondisi ekonomi nasional.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Kadis P3A Lampung Pasang Badan Lindung NF Korban Kekerasan Seksual

 Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Lampung, Theresia Sormin, siap pasang badan untuk memberikan perlindungan...

Politisi Demokrat Desak Aparat Proses Hukum Oknum P2TP2A Lamtim Cabul

 Dugaan kekerasan seksual berupa pemerkosaan yang dilakukan oknum petugas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lampung...

Ketua Komnas Anak: Oknum P2TP2A Lamtim Predator Biadab Yang Menjijikkan

 Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait tidak menoleransi kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh...

UAS Bermimpi Prabowo Jadi Presiden

 Publik mungkin belum melupakan ketika masa Pilpres 2019 lalu, Ustadz Abdul Somad, yang akrab disapa UAS, melakukan tatap...
Translate »