Terhitung Minggu (1/3), pukul 00.00 WIB, ASDP Indonesia Ferry memberlakukan tiket daring (online) penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Hal tersebut terkonfirmasi pula saat RMOLLampung berkirim pesan elektronik ke kanal WhatsApp SMS Center ASDP Indonesia Ferry di nomor 08111021191, Minggu siang (1/3).

“Benar sekali, efektif per hari ini, kami sudah tidak melayani pembelian tiket secara langsung di pelabuhan,” tulis balasan admin call center itu, pukul 14.29 WIB.

Dilanjut, pemesanan tiket melalui website kami di Ferizy.com khusus untuk rute lintasan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. Terima kasih,” tulis balasan admin call center itu, pukul 14.29 WIB.

Seperti diterangkan situs resmi perseroan, demi menjadikan ASDP sebagai yang terbaik, ASDP sedang melakukan perubahan dan perbaikan atas layanan dan fasilitas di pelabuhan dan kapal.

Setelah layanan informasi 24 jam call center 191, SMS Center, dan asistensi live chat kanal whatsApp di atas, jejaring akun ofisial media sosial twitter, instagram, facebook, reservasi tiket berbasis daring lewat situs Ferizy.com ini salah satu upaya perubahan tersebut.

Diselusuri, situs bertagline “Naik Ferry, Easy!” itu menyedia empat menu dashboard : Home, Tiket, Jadwal, dan Profile.

Menu Home misal, terdiri tujuh kolom wajib isi: Pelabuhan Asal Keberangkatan, Pelabuhan Tujuan, Jenis Pengguna Jasa, Layanan, Jenis/Golongan Kendaraan, tanggal dan jam Estimasi Waktu Keberangkatan, dan jumlah Penumpang.

Sebelum meng-klik kolom oranye Pesan & Cari Jadwal, calon pengguna diperingatkan.

“Jadwal & Nama kapal keberangkatan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kondisi cuaca & operasional pelabuhan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,” peringatan itu memberi isyarat pengguna agar proaktif.

Layanan yang bisa diakses via akun Google juga Facebook ini, juga otomatis terhubung dengan hotline WhatsApp SMS Call Center.

“Cari tiket kapal Anda, atur jadwal keberangkatan Anda,” bunyi pesan laman, platform aplikasi reservasi korporasi negara bermoto ‘We Brigde The Nation‘ pimpinan duet Komisaris Utama Lalu Sudarmadi dan Direktur Utama Ira Puspadewi itu.

Diketahui, reservasi tiket Ferizy.com berlaku untuk semua jenis golongan kendaraan dan penumpang pejalan kaki.

Per trafik, ASDP Indonesia Ferry berharap ini mampu meningkatkan kualitas layanan pengguna, menghindari dan meminimalisasi penumpukan antrian penumpang/kendaraan terutama saat musim puncak (peak season) seperti mudik-balik Lebaran, libur panjang sekolah, libur akhir tahun, dan sebagainya.

Dari Lampung, apresiasi positif disampaikan oleh Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Lampung Herman Batin Mangku.

Dia menyebut Ferizy.com ke depan bisa mutualis menjadi asisten digital perencana jadwal penyeberangan antarpulau favorit rakyat.

“Seperti aplikasi Travoy keluaran Jasa Marga yang ke depan bakal jadi asisten perencana mudik digital rakyat. Kalau ini, perencana digital menyeberangi laut tanpa berebut naik kapal,” ujar pria yang kerap disapa Pakho, dari nama tokoh karikatur Pakde dan Pakho, yang ia tekuni selama berkarir jadi wartawan Harian Lampung Post, sekian tahun lalu.

Selain kedua pelabuhan rute terpadat di Indonesia itu, pemberlakuan senada juga sudah dapat dinikmati oleh pengguna jasa dari Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur menuju ke Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali, dan sebaliknya. (Muzzamil)

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here