28.9 C
Bandar Lampung
Rabu 15 Juli, 2020 11:47 WIB
Beranda Status Darurat Bencana Covid-19 Diperpanjang Hingga Lebaran Usai
Array

Status Darurat Bencana Covid-19 Diperpanjang Hingga Lebaran Usai

 Status darurat bencana wabah corona baru atau Covid-19 di Indonesia ternyata sudah ditetapkan sejak sebelum 29 Februari.

Hal itu dapat dilihat dari surat keputusan yang dikeluarkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo terkait “Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona (Covid-19) di Indonesia”.

Surat keputusan ini tercatat dengan nomor 13.A Tahun 2020 dan ditetapkan di Jakarta, 29 Februari 2020 lalu.

Dalam surat keputusan ini, Doni Monardo memasukkan sejumlah pertimbangan untuk memperpanjang masa darurat bencana wabah Covid-19.

Pertimbangan itu di antaranya, keputusan Kepala BNPB 9.A/2020 telah habis masa berlakukanya. Selain itu, wabah virus corona dirasa sudah semakin meluas dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa serta kerugian materil dan inmateril.

Atas dasar itu, Doni Monardo yang juga telah didaulat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memutuskan memperpanjang status darurat bencana wabah, yang diakibatkan wabah Covid-19.

Keputusan ini berlaku selama 91 hari, yang terhitung sejak tanggal ditetapkan 29 Februari 2020, hingga 29 Mei 2020. Artinya darurat corona berlaku hingga Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, yang diperkirakan jatuh pada tanggal 24 Mei.

Sementara bulan puasa akan mulai dilaksanakan pada akhir April Berikut ini bunyi keputusan lengkapnya:

Kesatu: Menetapkan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kedua: Perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum Kesatu berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Ketiga: Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya Surat Keputusan ini dibebankan pada Dana Siap Pakai yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Keempat:

Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

EDITOR : ADI

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Awan Indah Dan Jarang Terjadi Di Pegunungan Tanggamus

Awan yang sangat indah dan jarang terjadi menghiasi pegunungan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Rabu (15/7), sekitar pukul 07.30 WIB. Awan yang memayungi kawasan pegunungan...

Perindo Dukung Yusuf Kohar Karena Visioner Dan Humoris

 DPP Partai Perindo resmi memberikan rekomendasi dukungan kepada M. Yusuf Kohar dan Tulus Purnomo pada kontestasi Pilkada Bandarlampung...

Stunting Masih Tinggi, Bupati Minta PKK Dan Posyandu Tanggamus Lebih Aktif

 Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama wakilnya Hi. AM.Syafii, menghadiri sekaligus me-launching Penyerahan Bantuan Dana Operasional dan Pakaian Olahraga...

Perpres Terbit, Kemenko Perekonomian Siap Lanjutkan Kartu Prakerja

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian siap melanjutkan program Kartu Prakerja yang sempat dihentikan sementara untuk evaluasi. Presiden Joko Widodo telah menyempurnakan tata kelola program Kartu...
Translate »