Sinta Nuriyah Wahid usai nonton gelaran wayang orang Sang Sukrasana/RMOL

Salah seorang pelakon dalam pementasan wayang orang “Sang Sukrasana” yang digelar Laskar Indonesia Pusaka di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Minggu (17/11) adalah Inayah Wahid.

Anak bungsu almarhum Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu memerankan Nawang Wulan. Dalam salah satu dialognya, Inayah menyentil pemerintah agar dapat memberikan perhatian soal anggaran bagi para pementas kesenian dan budaya yang selama ini tidak sejahtera.

Ibunda dari Inayah Wahid, Sinta Nuriyah yang hadir di tengah para penonton, mengatakan pementasan wayang orang memiliki falsafah kehidupan yang patut ditonton seluruh rakyat Indonesia sehingga pemerintah harus memberikan perhatian lebih baik dari segi materi maupun immateril.

“Dengan wayang, karena wayang itu falsafahnya tinggi. Itu sangat penting sekali buat rakyat Indonesia. Jadi saya berharap bahwa pementasan seperti ini, kalau bisa agak lebih sering. Cuma, memang saya tahu bahwa semuanya terbentur pada masalah dana, ya itu saya berharap juga mudah-mudahan pemerintah memperhatikan lho masalah ini,” papar Sinta dikutip Kantor Berita Politik RMOL di lokasi usai pementasan.

Ia menambahkan, pementasan”Sang Sukrasana” yang ditampilkan malam ini cukup apik dibawakan oleh seluruh pelakon termasuk anaknya, Inayah Wahid.

“Pagelarannya hidup, bisa menghibur orang-orang,” jelasnya.

Dia berharap wayang orang bisa terus dilestarikan dan bisa diterima kalangan milenial.

“Lebih dari itu sekarang ini kan banyak ya orang yang sudah lupa dengan wayang, apalagi anak-anak muda. Kalau ini penampilannya bagus nantikan bisa diharapkan anak-anak muda juga ikut tertarik,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here