Agung Ilmu Mangkunegara (baju putih)/RMOLLampung

Bupati Lampung Utara nonaktif, Agung Ilmu Mangkunegara menjalani sidang perdana kasus korupsi pada suap fee proyek di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Senin (24/2). Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai Efiyanto.  

Pada sidang itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK RI Taufiq Ibungorho mendakwa Agung dengan pidana Pasal 11 UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 12 B ayat (1) UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Usai sidang, Agung menyatakan tidak melakukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan jaksa.

“Tidak ada eksepsi atas dakwaan,” kata Agung kepada Kantor Berita RMOLLampung.

Ia juga menyatakan siap mengikuti sidang sesuai aturan. “Pada prinsipnya mengikuti aturan persidangan, minggu ini baru permulaan,” jelasnya.

Penasehat Hukum Agung Ilmu Mangkunegara, Sopian Sitepu mengatakan dakwaan atas kliennya telah sesuai dengan syarat formal yang telah diatur oleh KUHAPidana.

“Setelah kami baca dan kami dengar sudah sesuai dengan syarat formal sesuai dengan yang telah diatur oleh KUHAP,  sehingga kami tidak mengajukan eksepsi,” jelasnya.

Syarat formal itu tidak sampai subtansi membenarkan dakwaan, nanti akan dijelaskan dalam persidangan alat bukti saksi.

“Syarat formal itu tidak sampai substansi, itu nanti dijelaskan dalam persidangan dalam alat bukti saksi atau alat bukti lain. Itu belum kami kritisi,” ujarnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here