RMOLLampung. PN Tipikor Tanjungkarang menggelar sidang perdana penyuapan oleh dua dua pengusaha, Sibron Aziz dan Kardinal, terhadap Bupati Mesuji Khamami, Senin (8/4).

Dalam sidang pertama ini, Majelis Hakim Novian Saputra dan dua anggotanya, Halim Zaini Basir serta Gustina Ariani, mendengarkan pembacaan dakwaan oleh JPU KPK.

JPU KPK Subari Kurniawan mengatakan Sibron Aziz selaku pemimpin beberapa perusahaan Subanus Grup bersama dengan terdakwa II Kardinal selaku Pengawas Lapangan PT Jasa Promix Nusantara dan CV Cecilia Putri diduga telah menyuap penyelenggara negara.n.

Subari menyebutkan pemberian ini dilakukan dibeberapa tempat yakni pertama di rumah dinas Bupati Mesuji Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji.

Kemudian di kantor Dinas PUPR Kabupaten Mesuji Jalan Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji.

Lalu di kantor Subanus Grup Jalan Dr. Harun II Kelurahan Kota Baru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung.

Selanjutnya di daerah Natar Lampung Selatan sekitar jembatan layang, dan di Planet Ban Bandarjaya, Lampung Tengah.

Subari menyebutkan pemberian ini diberikan kepada penyelenggara negara yakni Khamami sebagai Bupati Mesuji periode tahun 2017-2022.

“Pemberian melalui Wawan Suhendra dan Taufik Hidayat dengan maksud supaya Khamami selaku bupati memberikan jatah proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji yang bersumber dari APBD TA 2018 dan APBD-P TA 2018 kepada para Terdakwa, yang mana bertentangan dengan kewajibannya,” tandasnya. [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here