23.8 C
Bandar Lampung
Minggu 31 Mei, 2020 04:29 WIB
Beranda POLITIK Sambut Idul Fitri 1441H, BTN Siapkan Dana Rp12,15 Triliun

Sambut Idul Fitri 1441H, BTN Siapkan Dana Rp12,15 Triliun

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengalokasikan dana senilai Rp 12,15 triliun. Dana ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Jumlah dana tersebut dianggarkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai yang diprediksi akan meningkat di H-5 hingga H+3 setelah Idul Fitri atau kurang lebih 9 hari. Meski Idul Fitri tahun ini berbeda dan tidak seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya. Namun, kebutuhan akan kesiapan uang tunai masih tetap sama menjadi kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury menjelaskan, saat ini sudah banyak masyarakat memanfaatkan transaki online melalui mobile banking atau ATM bank. Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang memerlukan uang tunai karena ini manyangkut tradisi masyarakat Indonesia dalam menghadapi perayaan Idul Fitri.

“Itulah mengapa kami tetap mengantisipasi untuk menjawab kebutuhan itu dan BTN sudah siapkan Rp12,15 Triliun yang dapat diakses langsung melalui ATM atau beberapa kantor cabang BTN yang buka secara terbatas,” kata Pahala di Jakarta, Senin (18/5).

BTN akan mengalokasikan 30% dari dana yang disiapkan tersebut atau sekitar Rp3,64 triliun untuk ATM dan sisanya sekitar Rp 8,50 triliun akan dilokasikan untuk kesiapan kas di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.

Ditambahkan Pahala, selama pandemi Covid -19 berlangsung, beberapa kantor cabang BTN akan dibuka untuk melayani masyarakat namun tetap menyesuaikan dengan ketentuan layanan protokol kesehatan.

“Masyarakat masih ada yang mau datang ke bank dan kami tetap layani mereka dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Pahala memprediksi akan terjadi lonjakan transfer dana lewat aplikasi digital banking, karena itu pihaknya terus akan  meningkatkan fitur dan performa digital banking BTN agar masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi yang tidak harus datang ke bank.

Adapun selama pandemi Covid-19 berlangsung, transaksi mobile banking BTN meningkat lebih dari 30% pada Maret 2020 dibanding posisi sama tahun lalu. Tercatat jumlah transaksi melalui mobile banking BTN sebanyak 5,7 juta transaksi sementara tahun 2019 tercatat 4,3 transaksi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Produktif Di Masa Covid-19, BTN Tawarkan Program Ketupat Beruntung

Pandemi Covid-19 di Indonesia tidak mengurangi produktivitas PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dalam memasarkan produk maupun layanan kreditnya. Bank yang fokus di pembiayaan...

Jelang Idul Fitri, Remitansi Bank BTN Meningkat 67 Persen

Seorang nasabah menunjukkan bukti penerimaan remitansi atau transfer uang dari pekerja migran Indonesia dari luar negeri ke negara asal di kantor cabang PT...

Di Tengah Pandemi Covid-19, Laba Dan Kredit BTN Masih Tumbuh

Kendati kondisi industri perbankan dan ekonomi nasional tengah mengalami kontraksi akibat pandemi Covid-19, kinerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk masih on track...

BTN Santri Developer

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N. Mansury (tengah) menandatangani Nota Kesepahaman Bank BTN dengan NU Circle dan IAEI tentang...
Translate »