Rumah Tangga Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Reihana/RMOLLampung
Reihana/RMOLLampung

Awal September di beberapa provinsi semakin banyak kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster rumah tangga.


"Dari dulu rumah tangga memang sudah menjadi klaster, namun baru bulan ini ada lonjakan peningkatan yang banyak sehingga menjadikan rumah tangga sebagai klaster baru dalam penularan virus Covid-19," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana, Senin (7/9).

Ia menyampaikan, awal September ini adalah puncak meningkatnya penularan virus Covid-19. Maka dari itu wajib memperketat dan  melaksanakan protokol kesehatan secara benar.

"Dari dulu Kementerian Kesehatan sudah menyampaikan bahwa puncak peningkatan penularan Virus Covid-19 ada di Bulan September, namun untuk klaster itu diputuskan sesuai dengan epidemiologi," ucapnya.

Jika melihat dari  perkembangan kasus hari ini memang yang positif  ada tiga kasus dan yang kemarin dua kali berturut-turut ada penambahan kasus positif sebanyak 12 kasus.

Bahkan, dalam seminggu ada penambahan juga  sebanyak 4 orang yang meninggal. Penambahan kasus positif ini diantaranya dari klaster rumah tangga.

"Kasus kematian dalam seminggu ada empat kasus itu  merupakan suatu peringatan dan harus waspada terhadap virus Covid-19," tegasnya.

"Kami juga sebagai  jajaran Kesehatan 1x24 jam  selalu berkoordinasi dan selalu memberikan arahan-arahan terutama memperketat untuk isolasi dirumah (stay at home) oleh karena itu kita juga minta untuk gugus tugas selalu memperhatikan serta harus dipantau sedemikian rupa untuk orang yang sedang isolasi mandiri," tambah Reihana.