23.3 C
Bandar Lampung
Jumat 7 Agustus, 2020 05:14 WIB
Beranda KAMPUS Rektorat Unila Sweeping Sampah Dan Produksi Kompos

Rektorat Unila Sweeping Sampah Dan Produksi Kompos

Relawan Lampung Sweeper Community (LSC) bersama Rektorat Universitas Lampung sweeping sampah dan upaya pemanfaatannya di Kampus Hijau, Minggu (2/8), pukul 07.00-11.00 WIB.

Hadir pada kegiatan yang pertama tersebut Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si, wakil rektor, dekan, wakil dekan, kepala lembaga, dan para dosen, serta para relawan LSC.

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si ketika melihat proses pengolahan sampah/Foto Unila

Ada dua tujuan kegiatan ini, kata Juru Bicara Universitas Lampung Nanang Trenggono, yakni membangun kesadaran terhadap kebersihan lingkungan kerja serta pengolahan sampah.

“Kita mengadakan simulasi proses pengolahan sampah berkelanjutan dalam rangka upaya pencapaian greenmatric Universitas Lampung,” ujarnya kepada Kantor Berita RMOLLampung.

Relawan Lampung Sweeper Community (LSC) dan Rektorat Unila di depan gedung Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Unila /Foto Unila

Kegiatan dimulai dari Lapangan Rektorat dan di delapan fakultas. Lalu, kegiatan berakhir di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Universitas Lampung (reduce & recycle).

TPST Universitas Lampung memproduksi kompos hasil olahan sampah organik halus dengan harga Rp15.000 per bungkus dan organik kasar seharga Rp10.000 per bungkus.

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si memberikan penjelasan sebelum aksi sweeping sampah/Foto Unila

Selain hasil olahan sampah, TPST Universitas Lampung juga memproduksi pencacah plastik.

Untuk limbah plastik dari pemulung, harga beli Rp3000/kg. Setelah dicacah dalam ukuran tertentu, harga jualnya mencapai Rp5.000/kg, kata Nanang Trenggono.

Dia berharap aktivitas ini bermanfaat untuk kebersihan, menjaga lingkungan hidup, dan bermanfaat secara ekonomi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Menko Airlangga Ungkap Strategi Pemerintah Dorong Pemulihan Ekonomi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah akan menempuh sejumlah strategi untuk mendorong ekonomi dapat tumbuh positif pada triwulan III dan IV. Seperti...

Ketua KPK: Jangan Kotori Pilkada Di Lampung Dengan Money Politic

 Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri menginginkan Pilkada di Lampung  tidak dikotori money politic.

148.887 TMS Masuk Daftar Pemilih, Terbanyak Bandarlampung

 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung menemukan 148.887 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) namun masuk daftar...

Ada Pencurian Kabel Gardu PLN, Alat Elektronik Ratusan Pelanggan Jebol

Berbagai peralatan elektronik jebol akibat kenaikan tegangan (voltage) di Kelurahan Gulak-Galik dan Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, Rabu dini hari (5/6). Di RT...
Translate »