RMOLLampung. Putra Mahkota Sekala Brak Kepaksian Pernong, Pangeran Alprinse Syah Pernong, memberikan sambutan pada HUT 130 Tahun Istana Maimun di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/8).

Pangeran Alprinse disambut para pembesar Kesultanan Deli dan Sekjen FSKN (Forum Silaturahmi Keraton Nusantara) di tangga masuk Istana Maimun.

Di dalam istana, raja-raja dari berbagai daerah sudah datang memenuhi jamuan makan malam Kerajaan Maimun.

Pangeran Alprinse diberi kesempatan untuk memberikan sambutan. Terimakasih atas undangan dari Kesultanan Deli kepada Kepaksian Pernong Sekala Brak. Saya senang berada di istana ini,” kata putra mahkota.

Para Raja dari berbagai Daerah Se Nusantara memberikan tepuk tangan.

Setelah sambutan, Putra Mahkota Sekala Brak Kepaksian Pernong memberikan cinderamata berupa selendang tapis berlambang kepaksian kepada Pembesar Istana Maimun YM Datuk Adil Freddy Hamberham.

Istana Maimun sama seperti Istana/keraton di Nusantara lainnya yang perlu dirawat karena telah dimakan usia. Dari tradisi, keluarga istana harus dijaga sebagaiintisari peradaban.

Istana Kepaksian Pernong atau yang disebut Gedung Dalom sudah berusia ratusan tahun. Di sanalah kediaman Sai Batin/ Sultan Kepaksian Pernong turun temurun.

Banyak benda-benda pusaka tersimpan dalam istana. Semoga dengan sinergisitas antara Pemerintah Pusat dengan Forum Kesultanan/Keraton Se Nusatara dapat merevitalisasi Istana/Keraton yang ada di seluruh Indonesia.[hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here