Prodi DKV Itera Gelar Pameran Secara Virtual

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk pertama kalinya menggelar pameran karya secara virtual sebagai bentuk adaptasi situasi pandemi Covid-19.


Pameran yang dimulai sejak Senin (18/5) malam ini dilakukan menggunakan aplikasi artsteps sehingga dapat disaksikan tanpa batas waktu. Link atau tautan untuk menonton pameran dapat diakses melalui media sosial instagram dkv_itera.

Pameran ini menampilkan 73 karya gambar bentuk yang dibuat oleh mahasiswa DKV Itera angkatan pertama. Beragam karya bentuk anatomi manusia, hingga hewan dipamerkan dan dapat diakses dari mana saja

Sekretaris Prodi DKV Itera PG Wisnu Wijaya, menjelaskan, pameran ini melibatkan seluruh mahasiswa angkatan pertama DKV Itera. Ini dilakukan sebagai ujian akhir semester matakuliah Gambar bentuk.

"Seyogyanya pameran memang dilakukan secara dipajang dan mengundang audien untuk mengaprsiasi. Hanya karena pandemi Covid-19 akhirnya kami menyiasatinya dengan  pameran virtual," ujar Wisnu, Rabu (20/5).

Pameran ini dilakukan sebagai terobosan DKV Itera di tengah situasi pandemi Covid-19. Meski perkuliahan dilakukan secara dalam jaringan (daring) namun tetap dapat menyelenggarakan pameran karya bersama dengan memanfaatkan teknologi.

"Kami mencoba membangun habitus baru, dengan mengembangkan pola-pola baru dengan tujuan mengedukasi masyarakat untuk dapat mengeapresiasi karya meski dari rumah,"ujar Wisnu.

Wisnu menjelaskan, meski dilaksanakan secara virtual, mahasiswa tetap belajar memiliki kemampuan dalam membuat sebuah eksebisi.

Mahasiswa yang terbagi dalam 10 kelompok tetap mempersiapkan pameran layaknya pameran langsung. Seperti, melakukan pengumpulan karya secara daring, mengatur tata ruangan dan tata pencahayaan semenarik mungkin, hingga pengaturan display karya melalui sebuah aplikasi.

"Jadi mahasiswa tidak sekadar membuat karya, tetapi juga bisa belajar mengorganisasi kegiatan pameran, dan kerja tim," tambah Wisnu.

Wisnu berharap, apa yang dilakukan DKV Itera dapat menginspirasi para pelaku seni untuk tetap dapat berkarya, dan menampilkan karya ditengah pandemic Covid-19.

Sebab dalam ranah seni rupa dan desain, seseorang tidak hanya dituntut untuk menjadi creator, tetapi mengaplikasikan karya, agar diapresiasi oleh publik.