PPDI Pematang Sawa Wilayah Selatan Dikukuhkan

Camat Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus, melakukan pembinaan aparatur pekon, sekaligus pengukuhan pengurus dan anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) wilayah selatan kecamatan ini.


Acara yang dilaksanakan di Pekon Martanda dihadiri Pengurus PPDI Kabupaten, Babinsa, Camat Pematang Sawa dan seluruh aparatur pekon dari 8 pekon di wilayah selatan.

Yakni, Pekon Tampangtua, Tampangmuda, Martanda, Kaurgading, Wayasahan, Tirom, Karangbrak dan Pekon Telukbrak.

Dalam materinya Camat, Agus Somat menjelaskan, melalui surat menteri dalam negeri tgl 27 Juli 2020, meminta kepada bupati dan walikota, agar melakukan pembinaan kepada kepala desa/pekon seluruh indonesia, agar tidak melakukan pemberhentian aparatur desa/pekon dengan melanggar undang-undang.

"Untuk Kabupaten Tanggamus harus mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) No 11 tahun 2016. Tentang pedoman pembentukan organisasi tata kerja pemerintahan pekon, dan pengangkatan serta pemberhentian perangkat pekon,” jelasnya.

Dia berharap kepala pekon yang ada di kecamatan pematang sawa, agar bisa melaksanakan perbup tersebut, dan dapat meningkatkan kinerja aparatur pekon.

Bersamaan, Ketua PPDI Kecamatan Pematangsawa, Abdulrohman, mengatakan, PPDI merupakan organisasi yang mewadahi aparatur desa/pekon di Indonesia.

Menurutnya, keberadaan aparatur pekon mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan pekon, karenanya perangkat pekon dituntut untuk dapat menguasai tupoksinya masing-masing.