23.8 C
Bandar Lampung
Minggu 31 Mei, 2020 04:02 WIB
Beranda KAMPUS Pertama Di Sumatera, ITERA Resmi Buka Prodi Sains Data

Pertama Di Sumatera, ITERA Resmi Buka Prodi Sains Data

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka Program Studi (Prodi) Sains Data. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 426/M/2020 tanggal 08 April 2020, tentu ang Izin membuka Prodi Sains Data Program Sarjana (S1) pada ITERA.

Prodi Sains Data ITERA, menjadi yang pertama di Pulau Sumatera. Prodi ini akan menerima mahasiswa angkatan pertama melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri ITERA tahun 2020.

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, mengatakan, pembukaan Prodi Sains Data merupakan respon ITERA terhadap perkembangan keilmuan dan kebutuhan tenaga ahli yang dibutuhkan di era revolusi insutri 4.0.

Di era revolusi industri 4.0 yang serba memanfaatkan kecanggihan teknologi digital berbasis data, beberapa bidang profesi pun berubah. Bahkan memungkinkan beberapa profesi terdisrupsi.

Data menjadi mata uang baru, sehingga lahirlah bidang baru yang disebut Data Science.

“Dengan dibukanya Prodi Sains Data ini, ITERA akan menjadi salah satu kampus yang menyiapkan para data scientist yang dibutuhkan di Indonesia, khususnya Sumatera,” ujar Rektor.

Kebutuhan ahli data tersebut tidak terbatas pada industri rintisan teknologi (startup) tapi dibutuhkan semua bidang industri seperti energi, manufaktur, perbankan, kesehatan, dan berbagai industri jasa.

Rektor ITERA berharap ke depan, para lulusan Prodi Sains Data ITERA, dapat menjadi solusi akan kebutuhan SDM ahli di Pulau Sumatera, sebagaimana program ITERA for Sumatera.

Secara terpisah, Koordinator Prodi Sains Data ITERA, Acep Purqon, menyebut, meski menggandeng nama science, profesi data scientist atau ahli data tidak hanya mengandalkan ilmu sains.

Namun juga harus didukung soft skill, seperti mahir berkomunikasi agar penyampaian hasil analisa suatu data yang besar dapat diutarakan dengan jelas.

“Kami berharap Prodi Sains Data ITERA bisa menjadi prodi terunggul di Indonesia dan mampu mengakomodir kebutuhan Sumatera dan industri 4.0. Prodi ini juga sangat relevan dengan kebijakan kampus merdeka yang menekankan industri 4.0 dan multidisplin ilmu,” ujar Acep.

Acep menambahkan, Prodi Sains Data ITERA akan menerima sekitar 100 mahasiswa baru, dari jalur SBMPTN dan jalur mandiri ITERA tahun 2020 yang pendaftarannya akan berlangsung awal Juni mendatang.

Selain itu, untuk mendukung perkuliahan, ITERA juga telah mempersiapkan tenaga dosen dengan multidisiplin ilmu dan berlatar belakang terkait keilmuan sains data.

Dengan penambahan Prodi Sains Data, ITERA saat ini memiliki 34 Prodi. ITERA juga tengah menunggu izin dari pusat untuk membuka Prodi Teknik Perkeretaapian.

EDITOR : ADI

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Prodi DKV Itera Gelar Pameran Secara Virtual

 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk pertama kalinya menggelar pameran karya secara...

OAIL Itera Berhasil Abadikan Kemunculan Komet Swan

 Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) berhasil mengabadikan kemunculan Komet C/2020 F8 (Swan)  menggunakan teleskop Lunt Engineering 80 ED,...

Mahasiswa Farmasi Itera Salurkan Donasi Untuk Terdampak Covid-19

 Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafa) Itera menyerahkan bantuan hasil dari pengalangan...

2.075 Peserta Lolos SNMPTN Itera

 Sebanyak 2.075 pendaftar lolos Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang diumumkan Rabu (8/4/2020)....
Translate »