23.9 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 04:10 WIB
Beranda KAMPUS Pertama Di Indonesia, Itera Akan Dirikan Prodi S1 Ilmu Dan Teknologi Keolahragaan

Pertama Di Indonesia, Itera Akan Dirikan Prodi S1 Ilmu Dan Teknologi Keolahragaan

 Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan mendirikan program studi baru sarjana (S1) Ilmu dan Teknologi Keolahragaan (ITO) pertama di Indonesia.

Pendirian prodi ini diharapkan menjawab kebutuhan tenaga ahli di bidang olahraga yang juga menguasai sains dan teknologi untuk mendorong prestasi olahraga di Lampung, Sumatera dan Indonesia.

Selain mendirikan prodi ITO, Itera juga akan memasukan olahraga sebagai mata kuliah dasar umum dalam kurikulum Itera.

Rencana pendirian prodi ITO dibahas dalam focus group discussion (FGD) bertema Pemanfaatan ilmu sains dan teknologi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang keolahragaan untuk mendukung perkembangan IPTEK olahraga di Provinsi Lampung, Sumatera, dan Indonesia.

FGD daring yang dipandu Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof. Mitra Djamal, menghadirkan narasumber Ketua MPR RI Periode 2014-2019 H. Zulkifli Hasan, dan  Kadispora Lampung Hannibal.

Selain itu, ada juga akademisi Sports Science, Universitas Negeri Surabaya Prof. Hari Setijono, akademisi Institut Teknologi Bandung Prof.  Indra Djati, dan perwakilan KONI Lampung Dr. Frans Nurseto.

Rektor Itera Prof. Ofyar Z Tamin, mengatakan, pendirian prodi ITO dan penerapan MKDU olahraga dalam kurikukum Itera menjadi peluang sekaligus tantangan besar bagi Itera.

Saat ini, Itera dengan lahan 275 ha, bekerja sama dengan Pemprov Lampung sedang merancang pembangunan kompleks pusat olahraga (Sport Center) seluas 50ha dan kerjasama pemanfaatan Embung E Itera menjadi pusat olahraga air di Lampung.

Pendirian Prodi ITO akan mendukung pemanfaatan Sport Center dan fasilitas olahraga yang nantinya ada.

Zulkifli Hasan menilai, pendirian Prodi ITO sangat strategis dan penting sebab kemajuan olahraga saat ini membutuhkan sentuhan ilmu sains dan teknologi.

EDITOR : adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Pesan Rektor Itera Untuk Wisudawan: Berpikirlah Out Of The Box

 Institut Teknologi Sumatera (Itera) mewisuda 112 mahasiswa secara online dalam Sidang Terbuka Wisuda Periode ke-5, Sabtu (18/7). Ini...

Ujian Di Itera Dengan Protokol Kesehatan Ketat

 Sebanyak 2.736 peserta akan menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera), pada 5-7...

Itera Punya 12 Pusat Riset Dan Inovasi Baru

  Institut Teknologi Sumatera (Itera) meresmikan 12 pusat riset dan inovasi (Purino) di Aula Gedung C Kampus Itera, Kamis...

Itera Beri Subsidi Kuota Internet Mahasiswa Selama Kuliah Daring

 Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan subsidi biaya kuota internet bagi seluruh mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban pengeluaran mahasiswa selama...
Translate »