23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:25 WIB
Beranda DAERAH Perayaan HUT Tanggamus Ditunda, Sekolah Diliburkan

Perayaan HUT Tanggamus Ditunda, Sekolah Diliburkan

 Pemkab Tanggamus mengadakan rapat dan konfrensi pers, terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Rapat diikuti Bupati dan Wabup, Direktur RS Batin Mangunang, Kapolres dan Kajari, Tim Ahhli dan jajaran pemkab, Selasa (17/3).

Di hadapan para wartawan, Bupati Dewi Handajani menyampaikan, saat ini penyebaran virus corona sudah menjadi ancaman. Karenanya pemkab merasa perlu melakukan langkah-langkah konkrit dalam upaya pencegahan berkembangnya covid-19 di Tanggamus.

Ia juga mengatakan, pemkab telah menerbitkan Surat Bupati No 441/2591/20/2020 tanggal 17 Maret 2020, tentang tanggap darurat non alam yang didasari atas Keppres 7 tahun 2020.

SK Bupati nomor b. 15 3/4 0/08/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan corona virus covid-19.

Surat edaran Bupati Tanggamus 441/2593/15/2020 tanggal 17 maret tahun 2020, perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi infeksi covid-19.

“Upaya antisipasi dini terkait penyebaran virus corona, yaitu gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” jelasnya.

Masih menurutnya, pemerintah daerah dan masyarakat dihimbau tidak melakukan kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

Peserta didik melaksanakan proses belajar di rumah sampai tangal 31 Maret 2020. Pemkab menjamin ketersediaan bahan pokok, dan meningkatkan perputaran uang di Tanggamus.

“Saya menghimbau agar masyarakat tidak panik, selalu tingkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, jajaran dinas kesehatan dan pemerintah kabupaten tanggamus agar siaga penuh, laporkan bila ada keluhan di masyarakat melalui satuan tugas (Satgas) siaga bencana BPBD Tanggamus, nomor 72272 2025, atau kepada petugas pasilitas kesehatan terdekat,” katanya.

Bupati mengatakan, hari ulang tahun (HUT) Tanggamus yang biasa dirayakan setiap 21 Maret, Tanggamus Expo dan Pesta Rakyat, ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Direktur RSUD Batin Mangunang, Dian Ekawati menjelaskan, peralatan di rumah sakit siap sepenuhnya.

Menurutnya perlu dipahami juga, rs ini hanya mengisolasi pasien yang diduga terpapar covid-19, untuk mendiagnosisnya, menjadi kewenangan Litbang Kesehatan.

“Untuk pengambilan sampel dan sebagainya akan diambil dari rumah sakit rujukan. Aapun rumah sakit rujuk di Lampung diantaranya, RSUD Abdul Moeloek, RSUD Ryacudu, RSUD Ahmad Yani,” jelasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Pemkab Tanggamus Keluarkan Surat Edaran Tentang Ibadah Di Masa Pandemi

  Menyikapi perkembangan kebijakan dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Pemkab Tanggamus mengeluarkan Surat Edaran tentang penyelenggaraan kegiatan keagamaan...

Pemkab Tanggamus Keluarkan Surat Edaran Keberlangsungan Usaha Di Tengah Pandemi

 Menyikapi perkembangan kebijakan dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Pemkab Tanggamus mengeluarkan Surat Edaran, guna mendukung keberlangsungan usaha.

Pohon Tumbang Tutup Setengah Jalinbar Di Kotaagung Barat

 Pohon besar di pinggir jalan lintas barat (Jalinbar) tepatnya di ujung jembatan Wayawi Pekon Negarabatin, Kecamatan Kotaagung Barat,...
Translate »