23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:55 WIB
Beranda HUKUM Pejabat Waykanan Terlibat Suap Anggaran RAPBN-P 2018

Pejabat Waykanan Terlibat Suap Anggaran RAPBN-P 2018

RMOLLampung. KPK bakal memanggil sejumlah pejabat Kabupaten Waykanan berkaitan dengan ”mafia anggaran” suap usulan anggaran perimbangan daerah dalam RAPBN-P Tahun Anggaran 2018.

Hal ini diungkapkan Kabiro Humas Komite Pemberantasan Korupsi KPK Febri Diansyah, Senin (30/8), sehubungan telah terjeratnya mantan pejabat Kementerian Keuangan Yaya Purnomo atas kasus tersebut.

Dari cuitan Yaya Purnomo dan tersangka lainnya ketika diperiksa KPK sebagai tersangka kasus suap anggaran perimbangan daerah, KPK kemudian meradar sejumlah nama pejabat di kabupaten/kota.

Ada empat daerah yang pejabatnya disebut-sebut bermain-main anggaran ini, yakni Kabupaten Waykanan, Kabupaten Kampar, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

KPK akan memanggil sejumlah pejabat dari keempat daerah tersebut. KPK mencium ada relasi antara pejabat Kementerian Keuangan dengan anggota DPR di daerah terkait pengurusan dana perimbangan daerah, ujarnya.

KPK menyelusuri adanya petunjuk atau bukti awal bahwa praktik pengurusan anggaran diduga juga melibatkan sejumlah pejabat daerah. Ada aliran dana terkait pengurusan anggaran tersebut,” katanya.

Selain Yaya, ada tiga tersangka lainnya, yaitu Amin Santono selaku anggota Komisi XI DPR, Eka Kamaluddin selaku perantara, dan seorang kontraktor bernama Ahmad Ghiast.
 
Politikus yang pernah diperiksa KPK, yaitu Puji Suhartono (wakil bendahara umum PPP), Sukiman (anggota DPR RI), dan Irgan Chairul Mahfiz (anggota DPR RI). [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Tak Ada Yang Gratis, Rapid Test Pelaku Perjalanan Dinas Dibayari Pemerintah

 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, membenarkan rapid test harus bayar Rp 350 ribu. Ia...

Rapid Test Di Diskes Lampung Bayar Rp 350 Ribu

 Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Lampung yang juga wali santri, mengeluhkan biaya rapid test yang terlalu...

Gempa Tektonik 4,9 SR Di Lepas Pantai Kabupaten Pesisir Barat

Gempa tektonik berkekuatan 4,9 scala richter (SR) menggetarkan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung,Jumat (5/6), pukul 11.04 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),...
Translate »