23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:48 WIB
Beranda FOOTNOTE Paus Sastra Cuil Celoteh Politikus Yozi Rizal Untuk Rawat Kewarasan

Paus Sastra Cuil Celoteh Politikus Yozi Rizal Untuk Rawat Kewarasan

RMOLLampung. Sastrawan dan politikus, dua dunia yang berbeda namun jadi begitu inspiratif ketika keduanya melebur seperti yang dibuktikan Isbedy Stiawan dengan pengumpulkan potongan “celoteh: Yozi Rizal, politikus.

“Celoteh-celoteh Yozi itu, saya kumpulkan dari laman FB-nya sejak 2014-2015. Saya katakan celoteh, ya karena lebih patut disebut begitu,” ujar Paus Sastra Lampung itu kepada RMOLLampung, Minggu (2/2).

Dari balik topi dan kaca mata tebalnya, Bang Bedy, panggilan Isbedy Stiawan, berpendapat celoteh sang politikus bernalar dan memberi garis tegas merawat kewarasan.

Ada keasyikan sendiri mengumpulkan dan menghimpun celoteh Yozi, kata sastrawan berambut panjang pirang ini.

Ketika memeroleh sentuhan seorang paus sastra dan menjadi sebuah buku, Yozi Rizal nyaris tak percaya kalau itu tulisannya sendiri. Penyair asal Enggal, Kota Bandarlampung ini tidak berpikir apakah Yozi memberi izin tulisan-tulisannya itu dibukukan atau tidak.

Isbedy hanya memberi tahu kalau catatan hariam Yozi sepatutnya dibukukan agar karya jadi abadi.

“Akhirnya disetujuinya, dan saya semangat merampungkan. Saya buatkan pengantar, saya hubungi beberapa kawan agar menulis testimoni/endorsemen singkat tentang pemikiran Yozi Rizal.

Dalam pengantar buku ini, Isbedy mengatakan, Yozi bukan sekadar menulis fakta seperti pewarta (jurnalis). Ia hampir setara sastrawan, yaitu menulis sesuatu dari (di) balik fakta itu.

“Jadi masih ada metafora, tak menohok,” ujar Isbedy menunjuk contoh tulisan Yozi, ‘Itu Betina Bicara Moral” dan ‘Tangan Tjahjo di Meikarta’ misalnya.

Buku setebal 136 halaman ini, dimeriahkan juga dengan foto aktivitas caleg nomor urut 2 Partai Demokrat dapil Way Kanan dan Lampung Utara ini, baik dengan masyarakat, politsi PD, juga bersama keluarga.

Catatan Harian Yozi Rizal – Politisi Lampung ini, masih kata Isbedy, mendapat komentar positif fesbookers di lamam FB Ikhsan Aura dan Isbedy.

Untuk diketahui, Yozi Rizal adalah mantan anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai Hanura (2014-2019). Ia diPAW karena “hijrah” ke partai besutan SBY, Partai Demokrat. Ia siap maju pada Pileg 27 April 2019 dari Dapil Way Kanan dan Lampung Utara.

Yozi kelahiran Bllambangan Umpu, 15 Oktober 1969, dikenal selama ini sebagai politisi kritis, tegas, komitmen memperjuangkan rakyat. Ia dalam dunia media sosial, khususnya FB, selalu menulis pernyataan ataupun menanggapi fenomena di negeri ini. Baik itu masalah pemerintahan, sosial, politik, hingga hal-hal yang ringan: sepakbola.

Hampir tiap hari ia membuat statemen di laman FB-nya. Dan, memariknya walaupun ia mengkritisi pemerintah, ditulisnya dengan ringan, dan dengan bahasa lugas sehingga mudah dimengerti.

Menurut Isbedy yang juga memberi pengantar buku ini, Yozi Rizal adalah politisi yang tak gagap teknologi. Dan, sedikit dari politisi kita yang masih punya waktu untuk menulis di media sosial tentang beragam masalah. [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Tak Ada Yang Gratis, Rapid Test Pelaku Perjalanan Dinas Dibayari Pemerintah

 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, membenarkan rapid test harus bayar Rp 350 ribu. Ia...

Rapid Test Di Diskes Lampung Bayar Rp 350 Ribu

 Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Lampung yang juga wali santri, mengeluhkan biaya rapid test yang terlalu...

Gempa Tektonik 4,9 SR Di Lepas Pantai Kabupaten Pesisir Barat

Gempa tektonik berkekuatan 4,9 scala richter (SR) menggetarkan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung,Jumat (5/6), pukul 11.04 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),...
Translate ┬╗