Adik Ditangkap Selang 2 Jam Setelah Aniaya Kakak Kandung

Paino (39) diringkus Polsek Pulau Panggung, Tanggamus, setelah melakukan penganiayaan terhadap kakak kandungnya, Kusno (55), warga Kelurahan Pringsewu Selatan Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu.


Kapolsek Pulau Panggung Iptu Ramon Zamora, mengungkapkan pelaku ditangkap selang dua jam setelah polisi menerima laporan penganiayaan di Pekon Kemuning Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus.

"Pelaku ditangkap selang dua jam pasca kejadian. Saat pelaku bersembunyi di rumah kerabatnya di Pekon Kemuning, Sabtu, 8 Februari 2020 pukul 18.00 Wib," ungkap Iptu Ramon mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Minggu (9/2/20) sore.

Iptu Ramon menjelaskan, kronologi kejadian sekira jam 16.00 Wib, di Pekon Kemuning, bermula pada saat korban bersama saudaranya Kusmanto datang ke rumah pelaku untuk menghitung ukuran tanah warisan yang mereka dapat dari orang tua.

Sesampainya, korban langsung menghampiri pelaku yang sedang ada di belakang rumah. Lalu, korban mengajak pelaku mengukur tanah warisan. Tetapi pelaku tidak mau dan memarahi korban.

Sempat terjadi perdebatan. Pelaku yang marah langsung mengejar sambil mengayunkan golok ke arah korban dan mendorong sehingga terjatuh ke tanah. Saat itu juga pelaku langsung mengarahkan golok yang ia pegang ke arah leher korban.

Korban yang merasa terancam langsung memegang golok yang sudah mengarah ke lehernya. Beruntung Kusmanto langsung menolong dengan memeluk pelaku dari belakang. Sehingga pelaku melepaskan korban. Korban berlari ke rumah warga, Edi Triyanto.

"Permasalahan dipicu tidak terimanya pelaku, sebab tanah keluarga yang telah dikapling sebanyak 11 kapling, dibeli oleh korban yang merupakan kakaknya sendiri sebanyak 4 kapling," jelasnya.

Akibat penganiayaan, korban mengalami luka robek dibagian paha kanan, jari telunjuk tangan kiri, lecet di bagian pergelangan tangan kiri, bibir bagian atas, serta bengkak di kepala bagian kanan.

Saat ini pelaku dan barang bukti sebilah golok telah diamankan di Mapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 351 KUHPidana.

"Ancaman maksimal 5 tahun penjara," pungkasnya.