23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:37 WIB
Beranda DAERAH Nanang Lebih "Ligat" Ketimbang Arinal Cegah Virus Corona

Nanang Lebih “Ligat” Ketimbang Arinal Cegah Virus Corona

Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto sudah lebih dulu berupaya mencegah virus corona ketimbang Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Tak cuma Nanang, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Pemkab Tulangbawang Barat, serta Wali Kota Herman HN sudah lebih dulu mengeluarkan intruksi pencegahan virus corona.

Sejak pekan lalu, Nanang telah memastikan pengawasan di Pelabuhan Bakauheni, meliburkan sekolah, menyiapkan rumah sakit, dan menggerakan jajarannya.

Sedangkan Arinal baru membahasnya hari ini, Senin (16/3), di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat.

Minggu (15/3), Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan “mengingatkan” Pemprov Lampung agar mengambil langkah-langkah pencegahan virus corona.

Yanuar/Net

Salah satunya, kata dia, meliburkan seluruh sekolahan di Lampung. “Kita minta Pemprov untuk meliburkan seluruh sekolahan, jangan sampai telat,” katanya.

Arinal, Minggu (15/3), mengatakan kepada media akan mengambil kebijakan apabila masih bertambah jumlah orang yang positif misalnya dengan menghentikan sementara pertemuan-pertemuan.

Namun, untuk pengambilan keputusan terkait meliburkan sekolah dirinya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat lebih dahulu.

Nanang, Minggu (15/3), memeriksa langsung kesiapan petugas Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dalam mengantisipasi Konvid-19.

Dia memastikan pengoperasian alat pendeteksi suhu tubuh body thermal scaner (BTS) di Posko Siaga Virus Corona Dermaga Eksekutif dan Reguler.

Sebelumnya, Nanang yang berniat ikut kontestasi Pilbup Lampung Selatan 2020 meliburkan para pelajar mulai tanggal 16 hingga 29 Maret 2020.

Dia menuangkannya dalam Surat Edaran Bupati Lampung Selatan tentang pencegahan corona virus disease (Covid-19).

Nanang meliburkan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada satuan pendidikan, PKBM serta lembaga kursus dan pelatihan.

Langkah ini diambil sejalan dengan inisiatif yang dilakukan sejumlah daerah untuk mengatisipasi penularan virus corona.

Langkah Nanang diikuti Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan dengan pembentukan gugus tugas pencegahan dan pengobatan corona.

Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan bekerjasama dengan media massa dan elektronik memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan virus corona.

Dia juga mengimbau PT ASDP dan PT BBJ untuk membentuk tim kesehatan dalam rangka memonitor kedatangan dan keberangkatan penumpang.

Bagi Kepala OPD atau instansi untuk menunda kegiatan yang melibatkan orang banyak dan menyediakan hand sanitizer di kantor masing-masing.

Kepada OPD yang melaksanakan pelayanan umum terhadap masyarakat tetap bekerja maksimal seperti biasa.

Mengimbau kepada pelaku usaha pariwisata dan tempat hiburan menutup sementara tempat usahanya selama 14 hari ke depan.

Lalu, camat, lurah dan kepala desa untuk mengimbau warganya agar tidak panik dan tetap terus melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

OPD yang menangani sektor ketahanan pangan untuk dapat menjaga ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Tak Ada Yang Gratis, Rapid Test Pelaku Perjalanan Dinas Dibayari Pemerintah

 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, membenarkan rapid test harus bayar Rp 350 ribu. Ia...

Rapid Test Di Diskes Lampung Bayar Rp 350 Ribu

 Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Lampung yang juga wali santri, mengeluhkan biaya rapid test yang terlalu...

Gempa Tektonik 4,9 SR Di Lepas Pantai Kabupaten Pesisir Barat

Gempa tektonik berkekuatan 4,9 scala richter (SR) menggetarkan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung,Jumat (5/6), pukul 11.04 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),...
Translate »