RMOLLampung. Kadis Pariwisata Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti bersyukur, walau tidak juara pertama, muli-mekhanai dari kabupatennya masuk 10 besar lomba tingkat provinsi.

Mereka bisa membawa pulang penghargaan Lomba Pemilihan Grand Final Muli Mekhanai Lampung 2019 yang diikuti 62 peserta (33 muli dan 29 mekhanai) di Ball Room, Hotel Novotel, Kota Bandarlampung , Jumat malam (2/8).

Retno Noviana Damayanti berharap para muli-mekhanai asal Kabupaten Tanggamus dapat mengembangkan jati dirinya dalam kehidupan sehari-hari sekaligus membantu mengenalkan destinasi wisata yang ada di daerahnya.

Pada acara yang dihadiri Wakil Bupati Tanggamus H. AM Syafi’i, SAg dan isteri, Ketua TP PKK Ny. Hj. Sri Nilawati Syafi’i Kabupaten Tanggamus mengirim tujuh peserta, dua mekhanai (pemuda) dan lima muli (pemudi).

Muli mekhanai Kabupaten Tanggamus yang masuk sepuluh besar adalah muli Kabupaten Tanggamus, Isma Trie Afdita, dengan No. 48 untuk kategori fotogenik, Vanya Nabela No.44 juara favorit muli dan Kevin Abdillah Gunawan juara berbakat dua.

Sedangkan pemenang lomba tersebut adalah Ayu Santika dari Kabupaten Pringsewu dan M. Firly Ramadhan  dari Kota Bandarlampung. keduanya dinobatkan sebagai juara Muli Mekhanai Lampung 2019.

Ayu dan Firly menggantikan Kiki Nur Alfian dan Erika Dwi Alviana Muli Mekhanai Lampung 2018.

Sedangkan M. Alkautsar Nadi dan Rafika Rana sebagai Runner Up 1 atau juara II Muli Mekhanai, serta Rama Andika Permana dan Maulida sebagai Runner Up 2 atau juara III Muli Mekhanai.

Dalam Ssmbutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan Pemilihan Muli Mekhanai merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Pemprov Lampung.

Ajang ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk menyediakan ruang media positif kepada seluruh anak muda Lampung untuk berekspresi dan memberikan ide kreatif, katanya.

Kadis Pariwisata Lampung, Qodratul Ikhwan, menjelaskan bahwa pemilihan muli mekhanai ini merupakan supporting event kegiatan besar Lampung Krakatau Festival yang acara puncaknya akan dilaksanakan pada 23-25 agustus 2019.

Pemilihan muli mekhanai ini, jelas Qodratul terdapat beberapa tahap mulai dari tes wawancara dan tertulis, opening ceremony dan talent show, field trip, pembekalan, dsb.

Dia berharap nantinya dapat terpilih muli mekhanai terbaik yang mampu menjadi duta wisata Provinsi Lampung.

Muli mekhanai tidak semata smart personal saja namun smart secara umum yang dapat mengantarkan pesan-pesan dalam pembangunan Lampung. [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here