25.6 C
Bandar Lampung
Selasa 14 Juli, 2020 10:18 WIB
Beranda Mesuji, Tuba Dan Waykanan Boleh Mulai Aktifitas Sembilan Sektor Ini
Array

Mesuji, Tuba Dan Waykanan Boleh Mulai Aktifitas Sembilan Sektor Ini

 Sebanyak 102 kabupaten/kota bisa menerapkan tatanan hidup baru atau new normal, diberikan kewenangan untuk memulai pra-kondisi new normal.

Untuk di Lampung, versi Badan Nasional Penanggulan Bencana Pusat (BNPB) ada dua daerah, yakni Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji.

Sedangkan versi Gugus Tugas Provinsi Lampung ada 3 yakni, Mesuji, Tulangbawang (Tuba) dan Waykanan.

Klik: BNPB Sebut 2, GTPP Covid-19 Lampung: Tiga Daerah Bisa New Normal

“Berdasarkan laporan yang diterima Ketua Gugus Tugas, kebijakan tersebut telah direspons baik oleh pemimpin daerah di 102 kabupaten/kota,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo melalui keterangan resmi di Gedung Graha BNPB, Kamis malam (4/6).

Para pimpinan daerah, lanjut Doni Monardo, telah dan tengah mengupayakan persiapan new normal dengan seksama. Beberapa hal yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan semua kelompok dan komponen masyarakat.

Namun bagi daerah lain yang sudah terdampak Covid-19 dan masih terus berupaya menekan angka positif, Gugus Tugas terus berupaya mendorong perbaikan kondisi.

“Hingga saat ini kita sudah bisa menekan laju peningkatan kasus di beberapa daerah, meskipun di beberapa daerah lainnya masih belum maksimal,” jelasnya.

Kepala BNPB ini menekankan bahwa pelaksanaan new normal harus terencana dengan menjalankan berbagai tahapan. Diantaranya waktu yang tepat, sektor yang diprioritaskan, koordinasi yang ketat antara pusat dan daerah, serta monitoring dan evaluasi.

“Untuk memastikan terlaksananya tahapan tersebut diperlukan pengawasan dan pengendalian agar tercapai masyarakat produktif dan aman Covid-19,” tegas Doni Monardo.

Namun untuk mengantisipasi krisis sosial dan ekonomi yang dirasakan masyarakat terdamapk Covid-19, pemerintah bakal mempersilahkan 102 kabupaten/kota tersebut untuk membuka 9 sektor.

Sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali meliputi pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi barang.

Berdasarkan keputusan yang diambil pemerintah, sembilan sektor tersebut dinilai memiliki risiko ancaman Covid-19 yang rendah, namun menciptakan lapangan kerja yang luas dan mempunyai dampak ekonomi yang signifikan.

Karena menurut Doni Monardo, dampak dari kondisi pandemi ini dapat memicu masalah baru yang berujung pada menurunnya imunitas, sehingga masyarakat rentan terhadap paparan virus corona baru yang menjadi penyebab infeksi Covid-19.

“Dampak dari kehilangan pekerjaan ini akan mengurangi daya beli masyarakat sehingga tidak mampu mendapatkan asupan makanan bergizi yang dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga berisiko terpapar Covid-19,” paparnya. “Presiden Joko Widodo telah menugaskan Ketua Gugus Tugas untuk menyampaikan pembukaan kembali sektor yang memiliki dampak positif terhadap hajat hidup orang banyak,” pungkas Doni Monardo.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Ini Pejabat Tersangka Jilid 2 Korupsi Di Dinas PUPR Lamsel

KPK dikabarkan telah menetapkan dua pejabat yang jadi tersangka kasus korupsi proyek infrastruktur "jilid dua" Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Keduanya adalah mantan kepala Dinas Pekerjaan...

Pejuang Bravo Lima Konsolidasi Kepengurusan Dan Kawal Jokowi-Maruf

Pejuang Bravo Lima (PBL) Lampung konsolidasi dalam rangka prakondisi pemantapan pelantikan kepengurusan periode 2019-2024. Acara berlangsung di Emerald Bistro, Emerald Hill Residence, Jl RE Martadinata, Kelurahan...

2.465 Penyelenggara Pilkada Waykanan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

 Sebanyak 2.465 orang penyelenggara adhoc Pilkada termasuk seluruh Pimpinan dan staf KPU Waykanan menjalani pemeriksaan kesehatan, Senin (12/7).

Kursi Nasir-Naldi Sudah Cukup Berlayar Di Pilkada Pesawaran

Kursi dukungan terhadap pasangan M. Nasir dan Naldi Rinara S Rizal sudah cukup untuk berlayar mengikuti kontestasi Pilkada 2020 Kabupaten Pesawaran. Setelah sebelumnya mengantongi empat...
Translate »