23.9 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 03:43 WIB
Beranda DAERAH Marah Sakti: Informasi Faktual Kunci Sukses Media Siber

Marah Sakti: Informasi Faktual Kunci Sukses Media Siber

Kebutuhan masyarakat terhadap informasi faktual menjadi kunci media berbasis dalam jaringan (daring) atau media siber bertahan di tengah sulitnya bisnis media saat ini.

Dewan Pakar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Marah Sakti Siregar menyampaikan hal itu secara virtual pada acara JMSI, Senin (13/7).

Acara tersebut berisi Pengumuman Pengurus JMSI dan Penyerahan Piagam Rekor MURI dari Jaya Suprana kepada Ketua Umum JMSI Teguh Santosa.

Dalam acara tersebut juga akan diserahkan Piagam Rekor MURI oleh pendiri MURI Jaya Suprana.

Dua rekor MURI yang didapat JMSI adalah organisasi perusahaan media pertama yang menyelenggarakan forum tertinggi organisasi secara virtual.

Lalu, rekor MURI perlombaan baca puisi virtual yang diikuti wartawan yang dilaksanakan sehari menjelang Musyawarah Nasional JMSI.

Peserta Wabinar JMSI dari JMSI Lampung Barusan dari DivaTV

Menurut Marah Sakti Siregar, masyarakat akan kembali menjadikan media siber sebagai rujukan informasi akibat banyaknya informasi tak faktual medsos.

“Peluang yang harus dimanfaatkan JMSI,” katanya kepada peserta wabinar yang diikuti juga Sekjen JMSI Mahmud Marhaba dan pengurus JMSI di daerah.

Sebelumnya, Teguh Santosa mengatakan JMSI dibentuk dengan semangat untuk menjaga profesionalisme media dalam mengelola informasi.

JMSI menjadi organisasi para pengelola media siber agar tetap menjaga profesionalisme dalam memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada.

Pengurus JMSI

Kepengurusan JMSI terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Pakar, Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Jendral, Bendahara, dan 9 bidang keorganisasian.

Dewan Pembina JMSI akan diketuai oleh mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dengan anggota antara lan Dahlan Iskan, Djan Faridz, Humphrey Djemat, Irawati Hermawan, Mursyid Sonsang, Prita Kemal Gani, dan Sultan Bachtiar Najamudin.

Dewan Pakar diketuai oleh Atung Darmajaya dengan anggota Andi Syafrani, Arief Gunawan, Hendri Satrio, Ismet Rauf, Joko Intarto, Marah Sakti Siregar, Putut Prabantoro, Syahrial Nasution, dan Trubus Rahadiansyah.

Di struktur kepengurusan fungsional, tertera Ketua Umum JMSI Teguh Santosa dengan wakilnya, Rahiman Dani.

Kemudian untuk Sekretaris Jenderal diisi oleh Mahmud Marhaba dan Bendahara Dede Zaki Mubarok.

Adapun untuk 9 struktur bidang keorganisasian diisi oleh masing-masing dua orang, yakni ketua dan sekretaris, serta sejumlah anggota yang merupakan bagian dari JMSI di berbagai daerah di Indonesia, antara lain:

1. Bidang Organisasi dan Keanggotaan Ketua : Jimmy Senduk (JMSI Sulut) Sekretaris : Bambang Irawan Syahputra (JMSI Riau)

2. Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Literasi
Ketua : Ramon Damora (JMSI Kepri) Sekretaris : Ariful Hakim (JMSI Jakarta)

3. Bidang Pengembangan Potensi Daerah Ketua : Nizwar Affandi (JMSI Jakarta) Sekretaris : Rijal Maulana Malik (JMSI Banten)

4. Bidang Pengembangan ICT
Ketua : Zulfikar Rachman (JMSI Jakarta)
Sekretaris : Aris Ariyadi (JMSI Jakarta)

5. Bidang Kerjasama Antarlembaga Ketua : Jayanto Arus Adi (JMSI Jateng) Sekretaris 1 : Yayan Sopyani Alhadi (JMSI Jakarta) Sekretaris 2 : Lutfil Hakim (JMSI Jatim)

6. Hubungan Luar Negri
Ketua : Erin Riana (JMSI Jakarta) Sekretaris : Rifa Berliana Arifin (JMSI Jakarta)

7. Bidang Hukum dan Advokasi
Ketua : Novermal Yuska, S.H (JMSI Sumbar) Sekretaris : Deswerd Zougira, S.H (JMSI Sulut) Anggota : Ahmad Hardi Firman, S.H (JMSI Kalbar); Eko Haridani Sembiring, S.H; Erwin Kurniawan, S.H., M.H; Lana Teresa Siahaan, S.H; Ode Zulkarnain Sahji Tihurua, S.H., M.Si

8. Bidang Penelitian dan Pengembangan Ketua : Rudi Hidayat (JMSI NTB) Sekretaris : Sigit Setiyono (JMSI Jakarta)

9. Bidang Kesekretariatan, Pendataan Anggota dan Verifikasi Ketua : Ari Rahman (JMSI Kalbar) Sekretaris : Agus Widjayanto (JMSI Jateng).

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Ketum JMSI: Kepercayaan Publik Pada Media Siber Naik Sejak Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, kepercayaan masyarakat pada media sosial menurun secara signifikan. Sebaliknya, kepercayaan masyarakat pada media massa berbasis internet yang sering disebut media...

Bawaslu Perlu JMSI Agar Pemilu Berkualitas

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI membutuhkan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu RI Abhan, SH,...

Gita Wirjawan: Media Siber Penting Di Era Covid-19

Media massa, khususnya media siber yang berbasis internet, memainkan peranan sangat penting di era pandemik Covid-19. Reportase berkualitas atau good quality journalism media siber sangat...

Ingin Fokus Pimpin JMSI, Teguh Santosa Mundur Dari DK PWI Pusat

CEO RMOL Network  Teguh Santosa memutuskan mengundurkan diri dari Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Keputusan ini diambil karena ingin fokus mengembangkan Jaringan...
Translate »