25.5 C
Bandar Lampung
Kamis 16 Juli, 2020 07:56 WIB
Beranda Mahasiswa UTI Meriahkan Festival Musikalisasi Puisi Lamban Sastra
Array

Mahasiswa UTI Meriahkan Festival Musikalisasi Puisi Lamban Sastra

RMOLLampung. Musikalisasi Puisi yang dihelat Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS sekaitan Pekan Puisi 2019, Minggu (22/9) malam.

Sejumlah grup maupun seniman musikalisasi puisi tampil membawakan karya-karyanya. Mereka adalah Jauza Imani, Asril Barning, Muhammad Alfariezie, Isbedy Stiawan ZS, Jafar Fakhrurozi, dan Erika Novalia Sani.

Dalam acara tersebut, Jafar Fakhrurozi sempat menjelaskan tentang musikalisasi puisi.

Menurutnya, musikalisasi puisi dalam tinjauan akademik adalah puisi yang disampaikan melalui unsur musik. Bentuknya bisa berupa puisi yang dijadikan lagu yang kemudian dinyanyikan.

“Ada juga yang mendefinisikan sebagai pembacaan puisi yang diringi musik.
Intinya ada penyatuan antara puisi dan musik. Ini mungkin, karena dalam lirik puisi mengandung unsur musikalitas seperti rima dan irama,├óÔé¼┬Ø kata pengajar di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) tersebut.

Ia juga mengutip pendapat Sapardi Djoko Damono, bahwa musikalisasi adalah bentuk alih wahana dari lirik puisi ke musik atau lagu.

Terpenting, imbuhnya, dalam proses alih wahana tersebut tidak malah membuat makna dari puisi itu hilang. Maka, dalam musikalisasi posisi musik harus mendukung ketersampaian makna puisi.

“Kedua genre seni itu saling mendukung,├óÔé¼┬Ø ujarnya.

Jafar membawa anak asuhnya Teras Cahaya UTI. Mereka membawakan puisi  Pada Ketinggian Matahari karya Isbedy Stiawan ZS dan puisi Perahu Lilin karya Arif Sanjaya.

Personel Teras Cahaya adalah Nindi (vokalis), Misna (vokalis), Adit (gitaris), dan Evan (pembaca puisi). [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Yuhadi Merasa Tak Dihargai Hanya Diterima Office Boy

Pada pidato pembukaan Musda X Golkar Bandarlampung, sebagai petinggi partai, Yuhadi merasa tak dihargai hanya diterima office boy (OB) ketika memberikan bantuan APD di...

Erwin, Dosen Unila Dan Mantan Bupati, Meninggal Dunia

Bupati Lampung Timur periode 2011-2015, Erwin Arifin meninggal dunia di RS Urip Sumoharjo, Kota Bandarlampung, Rabu sore (15/7). Erwin yang meninggal karena sakit dalam usia...

Ini Kepengurusan Golkar Kota Bandarlampung

Selang beberapa jam terpilih kembali memimpin DPD II Partai Golkar Kota Bandarlampung, Yuhadi langsung menyusun "kabinet" kepengurusannya. Wajah-wajah kader senior partai ini masih mewarnai kepengurusan...

Baru Lamsel Dan Lamtim Realisasikan Anggaran Pilkada 100 Persen

 Hingga 15 Juli sebagai hari terakhir batas kelonggaran bagi pemerintah daerah untuk melakukan transfer anggaran pilkada 100 persen...
Translate »