23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:54 WIB
Beranda DAERAH Mahasiswa Dan Dosen Itera Kolaborasi Produksi ‘Hand Sanitizer’

Mahasiswa Dan Dosen Itera Kolaborasi Produksi ‘Hand Sanitizer’

 Akibat kelangkaan dan kenaikan harga cairan antiseptik pembersih tangan atau hand sanitizer, mahasiswa dan dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) berkolaborasi memproduksi hand sanitizer secara mandiri.

Pembuatan hand sanitizer dimotori oleh Dosen Teknologi Farmasi Program Studi Farmasi Itera dilakukan di labtek 3, sejak Selasa (17/3).

Tidak hanya mahasiswa dan dosen Prodi Farmasi, ada beberapa dosen dan mahasiswa dari prodi lain yang ikut menjadi sukarelawan.

Diantaranya dosen prodi kimia, DKV, Biologi, dan Himpunan Mahasiswa Farmasi Itera, dan Keluarga Mahasiswa (KM) Itera.

Dosen Prodi Farmasi Itera yang juga Koordinator pembuatan hand sanitizer, Nur Adliani, menyampaikan, langkah pembuatan cairan antiseptik secara mandiri dilakukan, guna memastikan tetap tersedianya hand sanitizer di lingkungan kampus Itera.

Langkah ini menjadi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di ITERA, setelah sehari sebelumnya Rektor ITERA mengeluarkan edaran pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus.

Ia melanjutkan, pembuatan produk hand sanitizer ini dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk produksi skala lokal.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk 1 liter diantaranya Etanol 96% yang diencerkan atau sebanyak 833,33 ml, H2O2 3% yang telah diencerkan sebanyak 41,67 ml, Gliserol 14,5 ml, dan Aquadest secukupnya hingga volume total akhir menjadi 1.000 ml.

“Untuk sementara ini kami baru mampu memproduksi sebanyak 20 liter hand sanitizer, karena memang keterbatasan bahan yang sudah mulai langka, ke depan kami akan melakukan produksi kembali,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, Itera membuka kesempatan kerja sama dengan berbagai pihak, untuk melakukan produksi hand sanitizer sesuai standar WHO, di Itera, guna mengatasi kelangkaan produk tersebut.

Usai dibuat, hand sanitizer produksi mahasiswa dan dosen Itera yang sudah dikemas dalam botol, selanjutnya akan ditempatkan di seluruh gedung yang ada di Itera.

Nur Adliani berharap seluruh sivitas akademika Itera yang masih berkegiatan di lingkungan kampus dapat memanfaatkan fasilitas itu untuk mengurangi penyebaran virus korona di lingkungan kampus.

EDITOR : ADI

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Prodi DKV Itera Gelar Pameran Secara Virtual

 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk pertama kalinya menggelar pameran karya secara...

OAIL Itera Berhasil Abadikan Kemunculan Komet Swan

 Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) berhasil mengabadikan kemunculan Komet C/2020 F8 (Swan)  menggunakan teleskop Lunt Engineering 80 ED,...

Mahasiswa Farmasi Itera Salurkan Donasi Untuk Terdampak Covid-19

 Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafa) Itera menyerahkan bantuan hasil dari pengalangan...

Pertama Di Sumatera, ITERA Resmi Buka Prodi Sains Data

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka Program Studi (Prodi) Sains Data. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri...
Translate »