Laboratorium Teknik II Itera Diresmikan

Institut Teknologi Sumatera (Itera) kembali meresmikan penggunaan satu laboratorium teknik (Labtek) guna mendukung pendidikan tinggi berbasis riset dan teknologi, Senin (27/1). Gedung yang diresmikan yakni Gedung Labtek II Itera.


Rektor Itera Prof. Ofyar Z Tamin mengatakan, Labtek II merupakan bangunan dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun anggaran 2019.

Tahun ini Itera mendapatkan bantuan pendanaan melalui skema SBSN dengan total anggaran Rp 91,3 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan gedung sebanyak Rp 42 miliar dan pengadaan alat laboratorium mencapai Rp 29 miliar.

Selain itu, ia melanjutkan, Itera juga mendapatkan bantuan dana SBSN untuk pengadaan alat laboratorium teknik 3 senilai Rp 15 miliar, pengadaan furnitur gedung Rp 3 miliar, dan pengadaan jaringan elektorinik dan lanskap total Rp 3 miliar.

Labtek II Itera merupakan laboratorium terpadu yang akan menjadi tempat praktikum lintas program studi. Akan ada 34 laboratorium untuk 13 program studi.

Untuk mempercepat pembangunan sambung Rektor, Itera sangat membutuhkan bantuan dan dukungan semua pihak. "Terutama bantuan sarana dan prasarana serta percepatan SDM terutama pendidikan dosen," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Agama Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Hadiat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Itera dengan tema "Peran Pendidikan Teknologi dalam Menunjang Pembangunan Indonesia di Tengah Persaingan Global" yang diikuti ratusan mahasiswa Itera.