23.8 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 06:05 WIB
Beranda EKONOMI Kreatif Dikitlah, Jangan Bayar Bunga Utang Aja Mesti Ngutang 

Kreatif Dikitlah, Jangan Bayar Bunga Utang Aja Mesti Ngutang 

Ekonom senior DR. Rizal Ramli mengatakan pejabat pemerintah jangan sekelas kasir, bayar bayar bunga utang, mesti ngutang.

“Kreatif dikitlah, jangan kelas kasir doang. Buat bayar bunga utang aja mesti ngutang, payah ndak tuh?” ujaranya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/7).

Menurut dia, beragam cara kreatif dan out of the box harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah utang luar negeri yang nyaris menembus Rp 6 ribu triliun.

Banyak cara bisa ditempuh jika para pejabat di negeri ini mau kreatif berpikir dan bertindak. Tidak melulu mengandalkan jurus yang terbukti gagal, katanya.

Rizal Ramli meminta para pejabat keuangan memeras otak dan tidak hanya bekerja layaknya kasir yang menarik uang untuk kemudian digunakan berbelanja.

Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu tidak hanya mengkritik. Dia turut urun saran dalam mengatasi beban utang negara. Salah satu sarannya adalah dengan melakukan negosiasi dan renegosiasi atas utang luar negeri.

Negosiasi ini bertujuan untuk memotong besaran utang. Hal itu bukan tidak mungkin dilakukan.

Terbukti saat dia menjabat sebagai Menteri Keuangan di eraGus Dur, langkah ini berhasil dilakukan dan mampu mengurangi beban utang Indonesia.

Sebelum Corona, Tim Ekonomi Sudah Kelimpungan Karena Terlalu Banyak Utang Kala itu, RR melakukan negosiasi dengan Jerman dengan kompensansi Indonesia harus menyediakan lahan untuk konservasi.

Kesepakatan potong utang hingga 600 juta dolar AS tercapai dalam pertemuannya dengan Menkeu Jerman. Sementara Indonesia hanya diminta menyediakan 300 ribu hektare lahan di Kalimantan buat konservasi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Translate »