KPU Lampung menggelar rapat koordinasi pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih/Istimewa

KPU Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih di Hotel Sartika, Kabupaten Pesisir Barat, Minggu-Selasa (16-18/2).

Rapat dihadiri oleh Komisioner KPU Lampung, Ketua dan Divisi Program dan Data serta operator aplikasi sidalih 8 KPU yang melaksanakan Pilkada 23 September mendatang.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membangun kesiapan 8 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dalam menyiapkan agenda lima tahunan itu.

Terutama, pentingnya menjaga soliditas seluruh penyelenggara pemilu baik Komisioner, Sekretariatan dan juga badan adhoc yaitu PPK, PPS dan PPDP.

“Pemutakhiran data pemilih harus dilakukan dengan sungguh-sungguh jangan sampai ada warga masyarakat yang ketika coklit (pencocokan dan penelitian) ada penduduk terlewat didata sebab memilih adalah hak warganegara,” ujarnya.

Proses penyusunan daftar pemilih harus dilakukan secara cemat mulai dari pemetaan dan penyusunan daftar pemilih berbasis TPS, peekrutan PDPP, dan persiapan coklit, penetapan DPS, dan penetapan DPT.

Ia menyampaikan, sebagai penyelenggara pemilu, KPU harus berintegritas, profesional, cermat dan efektif dalam menjalankan semua tahapan.

“Sukses Pilkada 2020 ada tiga yaitu sukses penyelenggaraan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil,” jelasnya.

Selain membahas pemutakhiran data, rapat membahas persiapan pendaftaran PPS dan pendaftaran calon perseorangan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here