KPPS Gelembungkan Suara Di Tanggamus


mpung. Seorang saksi menyaksikan penggelembungan suara oleh KPPS TPS 02, Pekon Kuripan, Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kasus serupa terjadi di lima TPS kecamatan tersebut.

Taufiq, saksi tersebut, mengatakan penggelembungan suara dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan cara mencoblos sisa surat suara yang tidak terpakai di TPS tersebut.

Ada 13 kertas suara yang orangnya bekerja di luar negeri dan tiga kertas suara yang orangnya sudah meninggal dunia.

Sisa surat suara itu dicoblos untuk seorang calon legislator Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Kabupaten Tanggamus wilayah Kecamatan Limau, Cukuhbalak, Kelumbayan Barat, Kelumbayan dan Bulok, katanya, Senin (22/4).

Taufiq mengaku menyaksikan kecurangan yang dilakukan petugas penyelenggara pemilu. "Saya bisa diam dan bingung melihat petugas KPPS mencoblos surat suara sisa tersebut," ujarnya.
Dale Karnigi bersama rekannya telah melaporkan kecurangan petugas KPPS ke Bawaslu Kecamatan Limau, Ridiansah, Sabtu (20/4).
Dia berharap kepada Bawaslu menindak tegas para petugas KPPS yang telah mencoreng demokrasi ini.

"Kita menemukan modus serupa bukan hanya di TPS 02 saja namun sementara ini kita menemukan sebanyak lima TPS di Kecamatan Limau yang juga melakukan hal yang sama," terang Dale. [hms]