23 C
Bandar Lampung
Minggu 12 Juli, 2020 04:59 WIB
Beranda KPK Dalami Impor Beras Era Menteri Enggar
Array

KPK Dalami Impor Beras Era Menteri Enggar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami dugaan korupsi terkait impor beras yang mengakibatkan puluhan ribu ton beras cadangan bakal dibuang oleh Perum Bulog.

Adanya beras membusuk di gudang Bulog adalah akibat dari impor ugal-ugalan pada era Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Terbukti, kerugian negara telah nyata di depan mata.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pihaknya masih mendalami dugaan korupsi terhadap impor beras tersebut.

“Saya harus baca dulu kasusnya apakah masuk dalam kompetensi KPK. Kalau dari sisi penindakan, tentu KPK perlu mendalami lebih dahulu tentang siapa penyelenggara negaranya, berapa negara rugi dan lain-lain,” ucap Saut dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (3/12).

Pihaknya harus mempelajari apakah terjadi problem kelembagaan ataupun regulasi yang mengaturnya. Sehingga, kasus ini masuk dalam isu korupsi atau tidak.

“Bisa jadi tidak ada isu korupsi di situ, tapi isu inefisiensi, tata kelola, mismanagement dan lain-lain. Harus dipelajari lebih dulu yang lain apakah ada problem kelembagaan ataupun regulasi yang mengaturnya,” jelas Saut.

Walau demikian, lanjut Saut, KPK juga telah melakukan pencegahan melalui tiga pintu. Yakni melalui kelembagaan, regulasi serta tata kelola.

“Bisa bisnis proses atau tata kelola yang yang perlu ditinjau lagi, sehingga supply chain perberasan dari tahun ke tahun dihadapkan pada berbagai masalah,” pungkas Saut.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Polresta Ajak Pengunjung Mall Disiplin Protokol Kesehatan

Polresta Bandarlampung mengajak pengunjung mall disiplin terapkan protokoler kesehatan. Bersama para polwan Satlantas, Kapolresta Kombes Yan Budi menemui warga di Mall Bumi Kedaton (MBK), Sabtu...

Rekom Golkar Untuk Tony Di Lamsel Dan Adipati Di Waykanan Keluar Besok

 DPP Partai Golkar memanggil dua pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk menandatangani pakta integritas, di Kantor DPP...

Banner Dan Leaflet Maklumat Kapolri Terkait Covid-19 Dicopot

 Maklumat Kapolri No: MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, telah...

Subki E Harun Di Mata Zainal Abidin, Alzier, Hingga Sopirnya

Zainal Abidin Pagaralam, mantan gubernur kedua Lampung, sangat terkesan dengan Subki E Harun sejak masih kuliah jurusan ekonomi di Universitas Gajah Mada (UGM). Setahun jelang...
Translate ยป