Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri sekaligus membuka Kontes Ternak Kambing Saburai dan Peranakan Etawa (PE)/Ist

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri sekaligus membuka Kontes Ternak Kambing Saburai dan Peranakan Etawa (PE) Tahun 2019 di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Senin (2/12).

Pada kontes ternak yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kelompok Ternak (Asponak) Kabupaten Tanggamus Sido Langgeng Makmur Lestari Pekon Gisting Atas tersebut, turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Firman Rani, Plt. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Hasanuddin, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Uspika Kecamatan Gisting, Pj. Kepala Pekon Gisting Atas serta Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam Laporan Ketua Asponak Rintoko mengatakan tujuan kontes ternak adalah untuk mengapresiasi para peternak dan memberikan motivasi dalam memperbaiki produksi dan kualitas ternak, agar dapat meningkatkan mutu genetik ternak.

“Karena ternak yang menjadi peserta kontes adalah ternak-ternak dengan performan terbaik, sekaligus menjalin silaturahmi dan koordinasi antar peternak, pelaku usaha dari berbagai pihak dan memperluas jaringan mitra usaha bagi peternak,” kata Rintoko.

Rintoko melanjutkan, kontes ternak diikuti 120 ekor ternak yang berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Tanggamus dan dari luar Kabupaten Tanggamus, diantaranya dari Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, Kota Metro, Pesawaran, Lampung Barat, bahkan luar Lampung yakni dari Provinsi Banten.

Sementara Bupati Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program pembangunan, yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat peternak.

Pembangunan peternakan, lanjut Bupati, merupakan bagian integral pembangunan pertanian pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.

“Oleh karena itu marilah kita terus lanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui peningkatan diversifikasi, usaha intensifikasi dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata bupati.

Bupati melanjutkan, peluang pengembangan ternak di Kabupaten Tanggamus sangat mendukung, karena memiliki dukungan dan potensi yang diantaranya:

  1. Potensi alam dengan sumber pakan yang melimpah.
  2. Prospek pasar baik lokal, nasional maupun ekspor.
  3. Adanya pendampingan oleh petugas teknis peternakan Kecamatan dan salah satunya petugas inseminator.

“Kemudian sasaran utama pembangunan komoditas peternakan di Bumi Begawi Jejama ini adalah peningkatan produksi melalui peningkatan populasi ternak dalam upaya pencapaian swasembada daging sapi secara nasional,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan kontes oleh Bupati dan undangan yang hadir. Tampak pengunjung juga sangat antusias dalam melihat ternak-ternak yang dikonteskan dalam kegiatan tersebut.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here