23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:40 WIB
Beranda PERISTIWA Ketua TP PKK Binjai: Perkembangan Teknologi Membuat Peran Ibu Semakin Meningkat

Ketua TP PKK Binjai: Perkembangan Teknologi Membuat Peran Ibu Semakin Meningkat

Peran kaum ibu semakin meningkat seiring perkembangan teknologi. Tidak hanya mengetahui kondisi di dalam rumah, seorang ibu juga dituntut untuk memahami kebutuhan dan keinginan setiap anggota keluarga.

“Pekerjaan ibu semakin berat seiring perkembangan teknologi, perubahan cara pandang dan keinginan zaman yang berubah-ubah,” kata Ketua TP PKK Kota Binjai, Lisa Andriani saat menyampaikan ‘orasi perempuan’ pada Malam Apresiasi Perempuan “Baktiku Untuk Ibu” di Pendopo Umar Baki, Binjai, Selasa (17/12).

Seperti diwartakan Kantor Berita RMOLSumut, Lisa menjelaskan di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, ibu-ibu juga bisa merasakan dampaknya secara langsung bagi keluarga. Beragam tantangan dan persoalan muncul.

Bahkan anomali dan penyimpangan sebagai dampak dari teknologi tersebut tidak jarang membuat konflik ditengah keluarga. Distorsi tekonologi yang memberi efek pada pola komunikasi menjadi hal yang pada satu sisi harus disikapi dengan bijak oleh seorang ibu.

“Ketidaktahuan dan gagap teknologi menyebabkan kerusakan tidak hanya terjadi dalam terapan dan cara berkomunikasi. Distorsi membangun keakraban akan menyebabkan kelalaian sehingga rumah menjadi arena pertempuran bagi semua penghuninya. Itu semestinya tidak perlu terjadi, jika seorang perempuan dan para ibu memahami esensi penemuan dan perkembangan teknologi serta aplikasi dan penerapannya,” ungkapnya.

Pada sisi lain, kemajuan teknologi ini menurut Lisa juga harus mampu dimanfaatkan oleh kaum ibu untuk memberikan peran lebih dalam mendukung keluarga mulai dari aspek ekonomi.

Sejatinya menurut Lisa, kalangan ibu di Kota Binjai sudah jauh lebih dulu bertransformasi dalam menopang roda perekonomian jauh sebelum revolusi industri 4.0 didengungkan. Dan ia berharap, percepatan laju ekonomi akan semakin kencang dengan perkembangan teknologi yang juga semakin canggih.

“Bila dulu perempuan dan para ibu di Binjai yang memang tangguh ini bisa memproduksi 20 porsi makanan lauk pauk di sebuah rumah makan, kini dengan teknologi, produktifitas itu bisa meningkat berkali-kali lipat. Menguasai dan memaksimalkan teknologi bisa menciptakan banyak peluang dan pasar-pasar alternatif yang tentu saja semakin mengokohkan roda ekonomi keluarga. Sehingga bukan tidak mungkin saat ini banyak kaum ibu yang justru menjadi tulang punggung keluarga,” pungkasnya.

Orasi yang disampaikan Lisa mendapat sambutan luar biasa dari peserta yang menghadiri acara malam anugerah perempuan tersebut. Ratusan kaum ibu yang hadir berkali-kali memberikan applause atas berbagai pernyataan dari istri Wali Kota Binjai HM Idaham tersebut.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Baca Puisi di Lamban Sastra, Ibu Di Hati Kaum Ibu

Perayaan Hari Ibu 2019 dimeriahkan di Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS, Sabtu (21/12) malam, dengan pembacaan puisi.

12 Ibu Siap Baca Puisi Di Lamban Sastra Sabtu Malam Ini

Sekira 12 ibu siap membacakan puisi pada perayaan Hari Ibu di Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS, Sabtu (21/12)...
Translate »