32 C
Bandar Lampung
Sabtu 6 Juni, 2020 14:58 WIB
Beranda EKONOMI KA Premium Baturaja-Tanjungkarang Beroperasi

KA Premium Baturaja-Tanjungkarang Beroperasi

RMOL – PY. Kereta Api Indonesia (KAI) buat surprise saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54. Surprise atau kado indah itu tak lain adalah beroperasinya  Kereta Api (KA) Premium jurusan Baturaja (Sumatera Selatan)-Tanjungkarang (Bandar Lampung).

Uji coba KA Premium ini berlangsung Rabu (21/3) pukul 10.00 pagi tadi dengan rute Stasiun Tanjungkarang-Kotabami. “Kita ingin mencoba bagaimana KA Premium ini melintas di jalur Lampung, seperti apa kenyamannya dan apa evaluasinya sebelum benar-benar beroperasi. Ini hadiah istimewa bagi masyarakat Lampung,” kata Qudratul Ikhwan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

Proses kedatangan 11 rangkaian KA Premium ini, kata Qudratul Ikhwan, merupakan follow up pertemuan Pemprov bersama Direktorat Jenderal KA Kementerian Perhubungan, Agustus 2017 lalu. Qudratul yang ikut pada pertemuan tersebut mengatakan, sat itu pemprov meminta agar ada penambahan KA penumpang di Lampung.

Pasalnya, jumlah penumpang KA Seminung yang selama ini melayani rute Kotabumi-Tanjungkarang terus meningkat tiap tahun. “Targetnya kehadiran KA Premium ini mampu mempercepat konektivitas penumpang dari Sumatera Selatan ke Lampung,” kata Qudratul Ikhwan.

Perjalanan perdana ini diikuti Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang, Suryawan, dan para mitra PT KAI.

Rencananya, KA Premium berangkat dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 dan sampai di Stasiun Tanjungkarang pukul 13.00. Kemudian berangkat dari Stasiun Tanjungkarang pukul 15.30 dan dijadwalkan tiba di Stasiun Baturaja pukul 20.30 WIB. “Ini merupakan KA pertama yang melayani penumpang dari Lampung ke Baturaja,” kata Suryawan.

Mengenai tarif, Suryawan, mengatakan masih menggodoknya. Keputusan tarif akan ditetapkan direksi PT KAI. “Tarifnya tidak akan memberatkan, meskipun fasilitas yang ada di atas kelas bisnis,” kata Suryawan.

Pada bagian lain, Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo mengatakan, KA Premium berkapasitas 80 tempat duduk dengan fasilitas difabel bisa terisi 64 tempat duduk. KA buatan PT INKA ini memiliki restorasi, TV, AC sentral sehingga lebih sejuk, reclining seat, CCTV, support wifi, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas. [lion]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Delapan OPD Pemkab Pesawaran MoU Dengan Kejari

  Delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Pesawaran jalin Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

Tak Ada Pemasukan, Mantan Dosen Curi Handbody Dan Sampo

 Seorang mantan dosen perguruan tinggi swasta di Jakarta tertangkap mencuri ratusan botol handbody dan sampo di lima minimarket...

KPU Gelar Uji Publik Pilkada 2020 Secara Virtual

   Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar uji publik terkait rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pilkada Serentak 2020 dalam kondisi...

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...
Translate ┬╗