RMOLLampung. Hasil survey Cyrus Network, masyarakat Lampung masih tetap menyukai petahana Presiden Jokowi karena dianggap merakyat sedangkan yang menyukai sang penantang Prabowo karena dinilai tegas.

Top of mind Jokowi dianggap lebih merakyat, sederhana, sopan, suka blusukan dan sebagainya. Sedangkan Prabowo dinilai tegas, berani, dan berwibawa, kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi.

Sebanyak 50,9% masyarakat Lampung yang menilai Prabowo tegas sedangkan Jokowi untuk kategori ini 38,5%. Namun, sebanyak 75,8% Jokowi dinilai sosok sederhana dan merakyat sedangkan Prabowo untuk kategori ini 9,5%.

Untuk tingkat popularitas dan elektabilitas, keduanya selisih tipis. Untuk popularitas, Jokowi-Ma’ruf  97,7% dan Prabowo-Sandiaga 92,4%. Sedangkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf  89,8% dan Prabowo-Sandiaga 78,4%.

Dari angka tersebut, 72% responden sudah tetap dan tidak akan berubah lagi, 17,6% masih mungkin berubah, dan 10,5% tidak menjawab, kata Hasan Nasbi di Hotel Batiqa, Kota Bandarlampung, Senin (25/2).

Kedua kandidat pasangan presiden, kata dia, masih mungkin merubah suara semakin bertambah atau menurun. Serangan darat door to door lebih efektif dibanding media sosial.

Cyrus Network melakukan survey terhadap 2.000 responden dengan interview secara tatap muka di 15 kabupaten/kota, 30 Januari hingga 5 Februari 2019. [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here