23.8 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 06:01 WIB
Beranda KAMPUS Itera Dan Unila Kolaborasi Gelar Pekerti Dosen

Itera Dan Unila Kolaborasi Gelar Pekerti Dosen

 Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila mengadakan Pelatihan peningkatan keterampilan dasar teknik intruksional (Pekerti) bagi dosen Itera, di Gedung Rektorat  Unila, 20 – 28 Juni 2020.

Pembukaan kegiatan yang diikuti oleh 152 dosen Itera dari berbagai program studi, dengan instruktur dari Unila tersebut dihadiri langsung Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin, dan Rektor Unila Prof Karomani.

Ketua LP3M Unila Prof Ahmad Samosir dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Itera dan Unila tersebut dilaksanakan dalam dua skema yaitu daring dan langsung.

“Sebagian peserta hadir langsung mengikuti kegiatan tersebut dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sementara sebagian peserta mengikuti dari rumah masing-masing secara daring,” ujarnya.

Prof Ahmad Samosir menambahkan tujuan umum dari kegiatan Pekerti ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan wawasan dosen Itera tentang prinsip-prinsip pedagogis.

“Dan mengembangkan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa,” jelasnya.

Sementara Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini ada sebanyak 152 dosen Itera mengikuti Pekerti untuk mendukung kompetensi dalam menjalankan perkuliahan. Selain itu, pada tahun 2021 ITERA akan kembali mengikutsertakan sebanyak 280 dosen dalam kegiatan Pekerti selanjutnya.

“Melalui Pekerti kami berharap  para dosen dapat semakin bertanggungjawab sebagai pengajar serta menjadi pengajar yang mampu melakukan modifikasi dan inovasi dalam kemajuan perguruan tinggi,” ujarnya.

Tambahnya, kerja sama antara Itera dan Unila dalam mengadakan Pekerti dosen merupakan langkah penting yang perlu terus ditingkatkan dalam upaya menyokong kemajuan dan pengembangan perguruan tinggi.

“Pekerti yang sedang dilaksanakan merupakan program yang dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pengajar dengan keterampilan pedagogis, profesionalitas, kepribadian dan sosial,” jelasnya.

Rektor Unila Prof Karomani menyambut baik kerja sama yang dilaksanakan antara Unila dan ITERA. Sebab menurut Prof Karomani, bukan saatnya antarperguruan tinggi berkompetisi tetapi yang diperlukan adalah saling berkolabirasi.

“Semoga di era revolusi industri 4.0 dan era merdeka belajar dengan kurikulum merdeka belajar dosen dapat semakin profesional dan progresional dengan memanfaatkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana belajar. Selain itu para dosen diharapkan mampu melaksanakan transfomasi pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, meskipun di tengah pandemic Covid-19,” ujarnya.

EDITOR : adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Penyembelihan Hewan Kurban Unila Di Belakang Rektorat

 Universitas Lampung (Unila) akan menyembelih 16 ekor sapi dan 1 ekor kambing pada Idul Adha 1441 Hijriah.

SDGs Village Unila Optimalkan Potensi Desa

 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Center Universitas Lampung bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),...

Unila Kembali Gelar Wisuda Online Dan Offline Hari Ini

 Universitas Lampung melaksanakan wisuda daring dan offline untuk wisudawan periode VI di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Rabu...

Puluhan Mahasiswa Unila Gelar Aksi Kawal Dialog UKT

 Puluhan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) menggelar aksi kawal dialog Uang Kuliah Tunggal (UKT) di masa pandemi Covid-19. Aksi...
Translate »