23.8 C
Bandar Lampung
Jumat 5 Juni, 2020 23:34 WIB
Beranda PELABUHAN PANJANG IPC Panjang Terapkan Aplikasi MOS Untuk Kepastian Waktu Pelayanan

IPC Panjang Terapkan Aplikasi MOS Untuk Kepastian Waktu Pelayanan

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang atau IPC Panjang melaunching Aplikasi Marine Operating System (MOS), Jumat  (20/12).

Sistem ini merupakan salah satu program digitalisasi yang diiplementasikan oleh IPC Panjang dalam memudahkan proses perencanaan, pencatatan, dan pelaporan dan informasi pelayanan kapal untuk pengguna jasa dengan mengintegrasikan secara otomatis semua unsur dalam pelayanan   pemanduan dan penundaan di Pelabuhan Panjang.

Sebelum adanya MOS, pelanggan tidak mendapatkan informasi pandu/kapal tunda, pelanggan perlu berkomunikasi langsung dengan planner untuk penetapan pelayanan serta masih adanya potensi koreksi nota pelayanan.

Dengan aplikasi MOS ini pelanggan mendapatkan kepastian waktu pelayanan., koreksi nota dapat diminimalisir, pelayanan secara otomatis berjalan tanpa harus berkomunikasi dengan bagian pelayanan kapal serta semua data terlacak dan dapat dimonitor melalui dashboard pelayanan.

Go Live MOS diluncurkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Plt. Kadishub Bambang Sumbogo, Forkopimda, stakeholder, Asosiasi dan sejumlah pengguna jasa IPC Panjang.

Kesempatan itu juga diresmikan Gudang CFS Pelabuhan Panjang, Green Port, Terminalisasi dan Elektrifikasi yang telah dilakukan oleh IPC Panjang.

Bambang Sumbogo mengatakan apa yang telah dilakukan oleh IPC Panjang dalam mewujudkan visinya menjadi Pelabuhan yang berkelas dunia merupakan bentuk dukungan kepada Provinsi Lampung dalam bidang perdagangan, dengan menyediakan layanan yang memudahan pelanggan dalam mengirimkan barang–barang dari Provinsi Lampung.

“Saya harap dengan adanya gudang konsolidasi ini industri kreatif Provinsi Lampung akan semakin maju. Kami juga mengapresiasi IPC Panjang yang mengimpelentasikan Green  Port yang merupakan salah satu bentuk dukungan nyata kepada pemerintah dala mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia seperti pengurangan polusi emisi fosil dengan menggunakan sistem elektrifikasi serta mengurangi polusi udara akibat debu dengan mengadakan Mobil Road Sweeper dengan kapasitas yang cukup besar,” ujar Bambang Sumbogo mewakil sambutan gubernur.

“Saya harap Pelabuhan Panjang akan semakin maju dan harus kita banggakan. Pelabuhan  Panjang akan menjadi hub regional yang membuat Lampung menjadi maju dan terdepan di Pulau Sumatera,” timpal Bambang Sumbogo.

Sementara itu General Manager IPC Panjang Drajat Sulistyo mengatakan bahwa IPC Panjang terus melakukan modernisasi dan digitalisasi disemua lini pelayanan yang tak lain untuk memberikan pelayanan yang memenuhi ekspektasi pengguna jasa.

“Kami terus mendorong semua pelayanan yang ada di IPC Panjang berbasis informasi, pada tahun 2020 Pelabuhan Panjang sudah menjadi pelabuhan yang memiliki pelayanan berkelas dunia. Ini merupakan prospek cerah bagi Provinsi Lampung dan sekitarnya untuk memasarkan produk – produknya ke manca Negara. Sekali lagi saya sampaikan bahwa IPC Panjang terus mendorong semua pelayanan berbasis IT,“ ujar Drajat.

Drajat juga mengungkapkan bahwa dengan mengimplementasikan Green Port Pelabuhan Panjang dapat meningkatkan daya saing dari Pelabuhan itu sendiri baik untuk main business dari perusahaan maupun bagi unit pendukung dari suatu fasilitas pelabuhan dalam persaingan global.

Di bulan yang sama IPC Panjang juga telah meluncurkan sistem pembayaran dengan Virtual Account dan e-invoice. Dengan danya Virtual Account pengguna jasa mendapat rasa aman dalam bertransaksi, tidak perlu melakukan konfirmasi ulang dan serta kemudahan saat melakukan transaksi. Serta e-invoice merupakan layanan yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pencetakan nota.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

IPC Panjang Peringati Hari Lahir Pancasila Via Daring

Seluruh pekerja IPC Panjang bersama para pengguna jasa dan tokoh masyarakat memeringati Hari Lahir Pancasila 2020 lewat video conference (VC), daring, Senin (1/6). Berbeda dengan...

IPC Panjang Memotori 5 Kesepakatan K3 Lampung

PT Pelabuhan Indonesia II/IPC Cabang Panjang memotori puluhan perusahaan dan asosiasi untuk penandatanganan lima kesepakatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi Lampung. Sekdaprov Lampung Fahrizal...

IPC Panjang Tuan Rumah Peringatan K3 Lampung

PT Pelabuhan Indonesia II/IPC Cabang Panjang menjadi tuan rumah Perayaan Bulan K3 Emas Nasional di Provinsi Lampung. Prosesi peringatan 50 tahun K3 Lampung dipusatkan di...

Drajat: Tidak Ada Penurunan Traffic Di Pelabuhan Panjang Lantaran Corona

General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Panjang Drajat Sulistyo, memastikan tidak ada penurunan omzet dan...
Translate »