Seminar Merealisasikan Peluang Ekspor Produk Indonesia ke Eropa Barat dan Selatan/RMOLLampung

Direktur Eropa 1 Ditjen Amerika dan Eropa pada Kementerian Luar Negeri RI, Ida Bagus Made Bimantara mengatakan produk Indonesia perlu punya brand bersama. Hal ini dilakukan sebagai upaya menguasai pasar luar negeri dan mendunia.

“Branding bersama itu perlu dilakukan. Perusahaan besar itu mempunyai branding atau suatu pesan yang kuat mengenai produk-produk, sehingga pasar percaya dengan produk tersebut,” kata dia, dalam Seminar Merealisasikan Peluang Ekspor Produk Indonesia ke Eropa Barat dan Selatan di Hotel Sheraton Bandarlampung, Selasa (18/2).

Senada disampaikan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Br Simanungkalit.

Menurutnya UKM di Indonesia perlu membuat branding bersama seperti brand Uniclo dari jepang yang berkerjasama dengan UKM baju masyarakat Jepang.

“UKM baju, dan perusahaan-perusahaan susah masuk pasar Indonesia. Namun dengan branding Uniqlo produk mereka bisa masuk, masyarakat mau beli, padahal itu levelnya UKM. Begitu juga Ikea, brandingnya Ikea Tepi, padahal itu adalah koperasi yang membuatnya,” demikian Victoria.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here