Polda Lampung menyatakan hoaks kabar yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang akan membawa wabah penyakit.

Mewakili Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, MSi, Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH berpesan agar masyarakat tak termakan isu tersebut.

“Pesan singkat berantai lewat whatsapp adanya wabah yang dibawa angin itu hoaks,” ujar Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH, MSi, Jumat (10/4).

Menurut  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofsika (BMKG) , kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH, MSi kepada Kantor Berita RMOLLampung, tak ada angin berhembus dari utara ke selatan saat ini.

Patroli gabungan TNI-Polri dalam rangka mengamankan kebijakan pemerintah dan Polri/Humas Polda Lampung

Dari penjelasan Plt Deputi Bidang Meteorologi Drs. Herizal, MSi, katanya, informasi adanya angin dari utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit itu dipastikan hoaks.

Malahan, BMKG menegaskan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara (Benua Asia).

“Bahkan, di beberapa wilayah bagian selatan Indonesia, sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan  (Benua Australia),” ujar Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH, MSi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here