24.9 C
Bandar Lampung
Senin 13 Juli, 2020 22:18 WIB
Beranda PELABUHAN PANJANG Hoaks, Ada Pasien Corona Dari Panjang Ke RSUDAM

Hoaks, Ada Pasien Corona Dari Panjang Ke RSUDAM

General Manager PT Pelindo II/IPC Panjang Drajat Sulistyo meluruskan beredarnya vidio yang viral seolah-olah ada pasien terkena virus corona dibawa dari Panjang ke RSUD Abdul Moeloek.

Setelah mengkonfirmasi dengan jajaran dan pihak terkait di Pelabuhan Panjang, Drajat Sulistyo memastikan bahwa vidio tersebut tak sesuai antara gambar dan teksnya.

Teks dalam vidio tertulis: Pasiyen korona dari Panjang dirawat ke Abdul Muluk (RSUD Abdul Moeloek).

“Saya sudah tanyakan kepada Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Panjang, tidak ada pasien corona dari Pelabuhan Panjang yang dirawat ke RSUD Abdul Moeloek,” ujar Drajat kepada Kantor Berita RMOLLampung, Sabtu (14/3), pukul 23.30 WIB.

Drajat Sulistyo sempat kaget melihat viralnya video tersebut.

Video tersebut, kata dia, merupakan simulasi atau latihan penanganan pasien Covid-19 di RSUD Abdul Moeloek pekan lalu, Kamis (5/3).

Humas IPC Panjang Frans memperkuat bahwa vidio itu hoaks dikaitkan dengan adanya pasien yang terkena virus korona dari Pelabuhan Panjang.

“Coba perhatikan,┬á mobilnya saja bertuliskan karantina kesehatan,” ujarnya sambil mengatakan bahwa lokasi simulasi penanganan pasien terkena virus corona itu di RSUD Abdul Moeloek.

IPC Panjang sejak awal tahun telah menyosialisasikan pemakaian masker dan kesiapan penanggulangan terhadap andaikan adanya orang yang diduga terserang virus corona.

Kebetulan, pada saat pembagian masker, ada kapal asal China, Nong Nyla, sedang bongkar-muat di Dermaga Curah Kering, Rabu (29/1).

ÔÇ£Kami minta krunya memakai masker,ÔÇØ kata DGM Komerial Donny Yuniarto.

Menurut Drajat Sulistyo,┬á IPC Panjang bagikan 1000 masker. ÔÇ£Jika kurang, kami akan usahakan tambah lagi,ÔÇØ ujarnya saat pembagian masker di Terminal Curah Kering, Rabu (29/1).

Drajat Sulistyo bersama para pemangku kepentingan ketika membagikan masker kepada awak kapal China/RMOLLampung
GM IPC Panjang Drajat Sulistyo mengajak para pemangku kepentingan Pelabuhan Panjang membagikan masker kepada awak kapal China/RMOLLampung

Semua wajib pakai masker hingga pemerintah mencabut status waspada terhadap virus asal Wuhan, China masuk ke Indonesia, katanya.

IPC Panjang termasuk pintu masuk virus corona ke Indonesia. Setiap pekan, dua kapal asal China merapat ke pelabuhan alternatif setelah Tanjung Priok.

Kota Bandarlampung merupakan salah satu kota dari 19 daerah yang ditetapkan Kementrian Kesehatan sebagai daerah waspada penyebaran virus corona di Indonesia.

Dijelaskan oleh Drajat, jika ada awak kapal yang dicurigai terpapar virus corona, pihaknya akan langsung menstrelisasi kapal dan kru yang diduga terkena virus corona.

GM IPC Panjang Drajat Sulistyo langsung bagikan masker untuk mencegah masuknya virus corona ke Lampung/RMOLLampung

Tim Medis KSOP Panjang yang akan menjemput kru yang dicurigai terkena virus corona pakai tabung bergerak (mobile capsule) yang dilengkapi batre untuk mengangkut pasien.

Sampai di dermaga, pasien yang berada dalam tabung kedap udara dimasukkan mobil ambulan yang juga khusus agar virus terisolasi tak menyebar lewat udara.

Pasien kemudian dirujuk ke satu-satunya rumah sakit yang memiliki ruang isolasi bagi pasien virus Corona, yakni Rumah Sakit Abdul Moeloek (RSUAM), Kedaton, Kota Bandarlampung. 

 

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

2.465 Penyelenggara Pilkada Waykanan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

 Sebanyak 2.465 orang penyelenggara adhoc Pilkada termasuk seluruh Pimpinan dan staf KPU Waykanan menjalani pemeriksaan kesehatan, Senin (12/7).

Kursi Nasir-Naldi Sudah Cukup Berlayar Di Pilkada Pesawaran

Kursi dukungan terhadap pasangan M. Nasir dan Naldi Rinara S Rizal sudah cukup untuk berlayar mengikuti kontestasi Pilkada 2020 Kabupaten Pesawaran. Setelah sebelumnya mengantongi empat...

Nasir-Naldi Terima Rekomendasi Pencalonan Dari DPP PAN

DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan dukungannya kepada M. Nasir dan Naldi Rinara S Rizal sebagai pasangan kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020 Kabupaten...

Rabu, Kepala SDN 1 Tiyuhmemon Diperiksa Disdik Tanggamus

 Tiga guru dengan status Tenaga Harian Lepas (THL) yang selama 5 tahun hanya menerima honor Rp 200 ribu/3...
Translate »