23.9 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 03:14 WIB
Beranda POLITIK Gubernur Diminta KASN Beri Sanksi Balonkada PDIP Pesisir Barat

Gubernur Diminta KASN Beri Sanksi Balonkada PDIP Pesisir Barat

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merekomendasikan agar Gubernur Lampung Arinal Junaidi memberikan sanksi terhadap Fahrurrazi, SP, MM.

Dalam relis yang dikirim Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat kepada RMOLLampung, Jumat (3/7), bakal calon wakil bupati Fahrurrazi telah melanggar netralitas sebagai ASN.

Sebagai auditor ahli madya di Inspektorat Provinsi Lampung, Fahrurrazi dinilai Bawaslu Pesisir Barat tidak netral pada proses Pilkada Serentak 2020.

Ada tiga rekomendasi KASN No. R-1825/KASN/6/2020 itu diterbitkan pada 26 Juni 2020 kepada Gubernur Arinal Djunaidi terhadap Fahrurrazi.

Pertama, Arinal diminta memberikan sanksi hukuman disiplin sedang kepada Fahrurrazi, SP, MM sesuai PP No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Kedua, gubernur mengawasi ASN di lingkungan kerjanya untuk tetap menjaga netralitas dalam berbagai kegiatan/aktivitas politik.

Ketiga, sanksi hukuman disiplin terhadap Fahrurrazi dilaksanakan dalam waktu paling lambat 14 hari sejak di terimanya surat ini.

Sebagaimana pasal 7, ayat (3) PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS, jenis hukuman sedang bisa berupa setahun ini penundaan kenaikan gaji, kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah.

Ketua Bawaslu Pesisir Barat, Irwansyah, SH/Foto Istimewa

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat melayangkan surat kepada KASN bernomor 053/K.LA-12/PM.05.02/VI/2020 tanggal 4 Juni 2020 tentang Penerusan Hukum Lainnya serta Kajian Dugaan pelanggaran No. 08/TM/PB/Kab/08.15/VI/2020 tanggal 4 Juni 2020.

Bawaslu menilai Fahrurrozi telah berpihak kepada salah satu partai peserta Pemilu, yakni PDIP dengan bukti:
1. Baleho yang bertuliskan “kalahkan corona, selamat menunaikan ibadah puasa 1441H dan bersama sehati kita menuju kemenangan”

2. membagikan masker dan pamflet jadwal imsakiyah Ramdhan tanggal 9 April 2020 menggunakan background lagu mars PDIP.

3. Foto bersama Piter, SE selaku ketua DPC PDIP Kabupaten Pesisir Barat di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Pesisir Barat.

4. Foto bersama pengurus DPC PDIP Kabupaten Pesisir Barat pada awal tahun baru 2020 di Pekon Kampung Jawa.
setelah ditemukan oleh jajaran Bawaslu Pesisir Barat, kemudian ditindaklanjuti menjadi temuan pelanggaran. Setelah dilakukan klarifikasi-klarifikasi, pengkajian, kemudian hasilnya direkomendasikan kepada KASN.

Ketua Bawaslu Pesisir Barat, Irwansyah, SH.I mengapresiasi rekomendasi yang dikeluarkan oleh KASN atas kasus dugaan pelanggaran yang ditangani oleh Bawaslu Pesisir Barat.

“Kami berharap, Bapak Gubernur menindaklanjuti rekomendasi tersebut,” kata dia kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (3/7).

Ditambahkan Irwansyah, rekomendasi yang dikeluarkan oleh KASN itu harapannya bisa menjadi pengingat bagi ASN-ASN yang lain agar tidak melakukan hal serupa.

Sebab, netralitas ASN dalam setiap Pemilu maupun Pilkada sudah harus menjadi keniscayaan, sebagaimana diatur dalam aturan yang berlaku.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Youtube Hapus Tayangan Berlokasi Di Pulau Tegal Mas Soal Obat Covid-19

Youtube menghapus video wawancara antara musisi Anji (Erdian Aji Prihartanto) dengan Hadi Pranoto yang mengklaim temukan obat sembuhkan pasien positif Covid-19. Video yang diambil dari...

Seorang Wanita Bakar Bendera Merah Putih Dan Kibarkan Bendera Belanda

Seorang wanita membakar Bendera Merah Putih serta mengibarkan Bendera Belanda di Kelurahan Sribasuki, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Man Astutiningtyas (30),  perempuan tersebut, mengaku bakar...

BPN Tanggamus Kurban 3 Sapi Dan 3 Kambing

   Untuk berbagi kepada sesama saat Idul Adha 1441 H, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanggamus berkurban 3 ekor sapi...

Inilah 5 Eselon II Dan 2 Eselon III Pemprov Lampung Yang Baru Dilantik

   Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, melantik tujuh pejabat di lingkungan Provinsi Lampung, Senin...
Translate »